-->

Peringatan Kode Merah Selandia Umumkan Pasca Letusan Gunung Berapi


REYKJAVIK, LELEMUKU.COM - Keringatan ‘kode merah’ (sangat berbahaya) telah diumumkan di Islandia setelah sebuah gunung berapi meletus Rabu di dekat ibu kota, Reykjavik, di lokasi yang meletus tahun lalu, kata Kantor Meteorologi Islandia (IMO).

IMO mengatakan letusan itu terjadi di daerah yang tidak berpenduduk, 30 kilometer dari ibu kota dan tidak menimbulkan korban.

Letusan tersebut berada di dekat lokasi gunung berapi Fagradalsfjall, yang telah aktif sejak Maret hingga September 2021.

Jika aktivitas vulkanik hari Rabu (3/8) dipastikan mirip dengan rekahan yang terlihat tahun lalu, maka peringatan kode merah untuk penerbangan dapat diturunkan menjadi oranye, menandakan lebih sedikit bahaya, kata juru bicara badan tersebut.

Lava dilaporkan berasal dari celah di tanah, menurut spesialis bahaya alam Einar Hjorleifsson, yang berbicara kepada jaringan televisi Bloomberg.

Islandia juga dikenal rentan dengan gempa bumi yang terkadang menyebabkan letusan gunung berapi karena dua lempeng tektonik terbesar di bumi berada di bawah negara itu.

Islandia memiliki 32 wilayah vulkanik yang saat ini aktif, jumlah tertinggi di Eropa. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel