-->

Merlina Hesegem Sebut 6 Desa di Yahukimo Jadi Penyelenggara Kampung Keluarga Berkualitas

Merlina Hesegem Sebut 6 Desa di Yahukimo Jadi Penyelenggara Kampung Keluarga Berkualitas

DEKAI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Merlina Hesegem S.Pd menyebutkan 6 desa, diantaranya Desa Dekai, Keyke, Debula, Dagi, Tomon, dan Moruku terpilih menjadi penyelenggara kampung keluarga berkualitas.

“Pemerintah ada karena rakyat dan rakyat harus Sehat Kalau pemerintah perhatikan Gizi maka sangat berharap kedepan kita bisa menjangkau lebih banyak distrik dan desa,” ujar dia.

Merlina mengatakan pihaknya memnbutuhkan anggaran lebih mengingat Kabupaten Yahukimo memiliki 51 distrik, 518 kampung, dan 1 kelurahan. Dari semua wilayah yang bisa dijangkau dengan kendaraan roda 4 hanya Distrik Dekai Kota dan Distrik Kurima. Sementara daerah lain dengan menggunakan pesawat.

Ia menyebutkan penetapan kebijakan dan pengambilan langkah-langkah dalam meningkatkan      kualitas keluarga melalui optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas dilaksanakan       secara terintegrasi dan konvergen sebagaiman  tercantum  dalam  Lampiran Instruksi Presiden.

Dalam      rangka    meningkatkan      kualitas     sumber     daya     manusia (SDM) dan memberdayakan     serta   memperkuat    institusi    keluarga   melalui   optimalisasi penyelenggaraan    Kampung  Keluarga   Berkualitas  di  setiap   desa dan kelurahan.

Instruksi tersebut adalah para bupati dan wali kota untuk menyukseskan optimalisasi      penyelenggaraan   Kampung Keluarga Berkualitas    melalui pemberian    komitmen   penyelenggaraan    program dan    kegiatan  pemberdayaan dan penguatan institusi   keluarga.

Selanjutnya, penyediaan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia pelayanan publik    di  wilayahnya masing-masing   dalam  penyelenggaraan  program dan kegiatan  pemberdayaan dan penguatan institusi     keluarga  sesuai kewenangan dan kemampuan keuangan  daerah.

Pengoordinasian    pelaksanaan     penyelenggaraan Kampung  Keluarga   Berkualitas   antar Organisasi Perangkat     Daerah dan  atau  sektor   swasta    serta unsur  masyarakat.

Merlina Hesegem Sebut 6 Desa di Yahukimo Jadi Penyelenggara Kampung Keluarga Berkualitas

Pelaporan pelaksanaan  penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas kepada Gubernur   1 tahun   sekali    atau    sewaktu-waktu apabila    diperlukan.

“Pemerintah kabupaten Yahukimo dalam hal ini DPPKB mensosialisasikan kepada 6 desa yang berada di Distrik Dekai dengan memberikan materi satu hari di Kantor Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dekai Yahukimo,” kata Merlina.

Dinas DPPKB atau  Bidang yang membawah melaksanakan pendampingan keluarga yang beresiko stunting bagi keluarga yang memiliki ibu hamil, ibu menyusui, calon pengantin baduta dan balita. Pembicara dalam pelatihan adalah Sentot Mursito dari Perwakilan BKKBN Provinsi Papua.

“Mereka sudah siap dan tanda tanggan berita acara  untuk kerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Mensosialisasikan  Pelaksanaan  Pengetasan Stunting di Tingkat Kampung atau Desa,” tambahnya.

Berikut isi naskah deklarasi Tim Pengentasan Stunting di wilayah kampung atau distrik, yaitu melaksanakan dengan sungguh-sungguh pelaksanaan pengentasan stunting tingkat kampung atau Distrik.

Mendukung dan melaksanakan program dapur sehat atasi Stunting (DASHAT) sebagai bentuk intervensi untuk Meningkatkan Gizi dan Makanan Sehat Seimbang sesuai dengan Potensi Pangan Lokal.

Melaksanakan pendampingan keluarga yang beresiko stunting bagi keluarga yang memiliki Ibu Hami, bu Menyusui, Calon Pengantin dan Baduta dan Balita oleh Tim Pengentasan Stunting yang terdiri dan unsur Pemerintah Daerah di Tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan, unsur TP.PKK, unsur Tenaga Kesehatan, unsur Petugas Lapangan KB, unsur Kader dan seluruh masyarakat bersama mitra kerja strategis pendukung. (Olemah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel