-->

Menlu AS Antony Blinken Mulai Kunjungan ke Afrika Selatan


PRETORIA, LELEMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken memulai kunjungan selama tiga hari ke Afrika pada Minggu (7/8) dengan mengunjungi sebuah museum di Afrika Selatan yang memperingati bagaimana para pemuda kulit hitam di negara itu membantu mengakhiri kekuasaan warga kulit putih yang rasis.

Kunjungan Blinken ke Afrika dianggap sebagai bagian dari kompetisi antara Rusia dan negara-negara Barat yang berpengaruh untuk memperoleh dukungan dari negara-negara Afrika terkait perang di Ukraina. Lawatannya ke Afrika dilakukan menyusul tur baru-baru ini yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Afrika Selatan adalah satu dari banyak negara Afrika yang mempertahankan sikap netral terhadap perang itu dan tak pernah mengkritisi Rusia secara terbuka.
Pada Senin (8/8), Blinken akan menguraikan strategi AS untuk wilayah sub-sahara Afrika dalam pidato kebijakan di Universitas Pretoria. Afrika sangat terimbas dengan dampak pandemi COVID-19 dan naiknya harga pangan dan BBM akibat perang Rusia di Ukraina.

Blinken dan Menteri Luar Negeri Afsel Naledi Pandor juga akan mengadakan konferensi pers pada Senin (8/8), dimana perbedaan sikap keduanya terhadap perang Ukraina akan tersorot. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel