-->

Jhon Richard Banua Buka Mini Festival Budaya Lembah Baliem 2022

Jhon Richard Banua Buka Mini Festival Budaya Lembah Baliem 2022

WAMENA, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan kembali menggelar Festival Budaya Lembah Baliem(FBLB) tahun 2022 di Distrik Usilimo pada Senin, 8 Agustus hingga Rabu, 10 Agustus 2022. 

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE., M.Si mengungkapkan mini festival itu kembali digelar berkat inisiatif positif dari 10 kelompok objek wisata dan diikuti oleh beberapa distrik di daerah itu yang ingin menghidupkan kembali iven tahunan yang sempat terkendala akibat pandemic Covid-19. 

“Atas ide dari 10 kelompok objek wisata di Jayawijaya yang ingin melaksanakan mini festival ini, akhirnya Pemda memfasilitasi kegiatan ini,” ungkap dia saat membuka iven tersebut.

Banua mengatakan tujuan terlaksananya mini festival itu adalah untuk membina dan melestarikan adat dan budaya tradisional suku dani sebagai cirikas masyarakat di wilayah Pegunungan Tengah Papua. 

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk memahami bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor industri guna meningkatkan daya tarik dan pertumbuhan ekonomi bagi para pengelolaan objek yang dampak positif bagi pengelolaan objek-objek wisata secara baik yang memberikan kesejahteraan ekonomi rakyat. 

Banua pun meminta para peserta agar dapat memberikan suguhan atraksi budaya yang menarik bagi para penontong, sehingga wisatawan dapat mengenal budaya lembah baliem dan menjadi daya tarik tersendiri untuk kembali berkunjung ke Wamena. 

“Disamping itu harus ada jaminan keamanan pada wilayah objek wisata karena maju tidaknya pengelolaan parawisata sangat ditentukan oleh kondisi keamanan yang kondusif,” pintanya.

Festival Lembah Baliem awalnya diselenggarakan pada tahun 1989 yang mempertunjukkan cerita penyerbuan ladang yang baru dibuka dan penculikan warga serta cerita perang  antar suku, yaitu Suku Dani, Lani, danYali.

Festival budaya berskala internasional itu terakhir dilaksanakan pada tanggal 7 hingg 9 Agustus 2019 di Distrik Walesi. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by