-->

Gernas BBI Binar Digital Papua Tahun 2022 Berjalan Sukses di Jayapura

Gernas BBI Binar Digital Papua Tahun 2022 Berjalan Sukses di Jayapura

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Dalam rangka pemetaan manfaat teknologi digital, sekaligus percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai campaign manager pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertemakan Binar Digital Papua di Provinsi Papua, berlangsung pada hari Rabu, 24 Agustus 2022 di Gedung Olah Raga (GOR) Cenderawasih, Jayapura, Papua.

Provinsi Papua menjadi tuan rumah untuk binar kali ini, berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Imvestasi (Kemenkomarves), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Gubernur Provinsi Papua yang diwakili Asisten Bidang Umum Sekretariat Daerah (Setda) Papua, Bupati Jayapura, Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Papua dan Telkom

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny Gerald Plate, S.E., dalam sambutan secara virtual dari Jakarta, menyatakan permohonan maaf secara pribadi karena belum bisa hadir secara fisik di Papua, dikarenakan ada rapat terbatas kabinet di Istana Negara, namun tidak mengurangi kecintaan pada masyarakat Papua. Johnny mengakui alam Papua di timur Indonesia sangat indah dan mempesona dunia. Dan Papua juga memiliki beragam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal yang menjadi unggulan, mulai dari bidang fashion, kuliner hingga kriya.

"Di tengah momentum pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal kedua bertumbuh sebesar 5,44 persen year-on-year, UMKM dan Usaha Mikro perlu terus didorong agar dapat terus bertumbuh dan sehat,” ungkap Johnny.

Dalam rangka memberikan peluang bagi UMKM di Papua agar tetap adaptif di era pandemi saat ini, Kominfo menyelenggarakan acara puncak Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan tema Binar Digital Papua saat ini. Acara di Jayapura ini merupakan champaign manager kedua untuk promosi BBI, setelah yang pertama dilaksanakan di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Sejak Mei tahun 2020 lalu, Bapak Presiden Joko Widodo meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang merupakan wujud dukungan pemerintah terhadap produk dalam negeri, terkhusus produk-produk hasil produksi  UMKM dan Ultra Mikro Indonesia (UMI). Bukan ultra mikro atau UMKM bangsa-bangsa lain," tandasnya.

Hal ini agar UMKM dan UMI mampu bersaing selama masa pandemi covid-19.

Dijelaskan Johnny, Gernas BBI memiliki visi untuk mendorong penguatan branding dan pemanfaatan teknologi digital bagi produk-produk artisan lokal, sekaligus mendorong konsumen Indonesia agar mengutamakan membeli produk UMKM dan UMI.

"Berulang kali ditekankan oleh Bapak Presiden agar melalui insentif fiskal, APBN, APBD, bahkan belanja Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta mengajak sektor privat agar mengutamakan belanja produk dalam negeri yang hebat dan luar biasa. Kalaupun masih kurang kualitasnya, namun dengan berpihak dengan tetap menggunakan produk dalam negeri, dari waktu ke waktu akan semakin terlihat kualitasnya dan produk dalam negeri akan semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia," harap Johnny.

Untuk menyukseskan Gernas BBI, Kominfo terus memberikan dukungan membangun infrastruktur digital dan ekosistem digital, seperti fiber optic, microwave ring, fiber ring, Base Transceiver Station (BTS), akses internet dan lainnya, di seluruh kawasan Papua.

"Dukungan ekosistem digital, seperti pendampingan UMKM digital di Provinsi Papua dan Papua Barat, juga melalui Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI Kominfo telah membangun 1.591 BTS 4G di sepanjang tahun 2021 dan akan membangun 406 BTS 4G pada tahun 2022. Ini adalah jumlah terbanyak dalam membangun akses internet yang langsung terhubung dengan satelit untuk 1.702 titik layanan publik, yang terdiri dari sarana pendidikan, pemerintah daerah, fasilitas, kesehatan dan layanan pemerintahan lainnya di wilayah Papua dan Papua Barat," ujar Menkominfo dalam sambutan secara virtual pada puncak acara Gernas BBI tersebut.

Berdasarkan ekosistem digital UMKM, menurut Johnny, pada tahun 2022 ini, Kementerian Kominfo menyelenggarakan berbagai kegiatan bagi 100 pengusaha UMKM dan 200 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) meliputi pelatihan UMKM berkelanjutan, pelatihan bahasa Inggris melalui platform digital bagi pelaku pariwisata, serta literasi digital, baik di Papua dan Papua Barat.

Menkominfo meminta kepada pemerintah daerah untuk lebih pro aktif dalam mengikutsertakan masyrakat lokal atau Orang Asli Papua (OAP).

"Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan produk UMKM Papua seperti fashion, kriya dan kuliner, mampu terangkat dan naik kelas menjadi high value product," ucap Johnny.

Dengan demikian, layaknya kata 'Binar’ dalam Binar Digital Papua, produk-produk UMKM dan UMi Papua harus makin bersinar, sebagaimana cerahnya sinar pagi bagi nusantara, bahkan bagi panggung regional.

"Mari bersama-sama kita dukung UMKM dan UMI karya masyarakat Papua, untuk Indonesia yang semakin berdaya saing secara digital, menuju terwujudnya Indonesia Terkoneksi. Makin Digital, Makin Maju. Makin Bangga Buatan Indonesia," tandas Menkominfo menutup sambutan daring dari Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, selain Menkominfo, hadir pula secara daring yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jend. TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, MPA.,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA.,  serta Gubernur Bank Indonesia, Perry Wardjiyo, SE., MSc., Ph.D.

Sementara yang hadir secara langsung di GOR Cenderawasih,  Jayapura, Papua, diantaranya Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, S.Sos., M.Si.,  Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang,  Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Ditjen IKP Kominfo, Septriana Tangkary, SE., MM., Asisten Bidang Umum Sekretariat Daerah (Setda) Papua, Y. Derek Hegemur, SH., MH., Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si., dan beberapa kepala daerah di Provinsi Papua

Acara yang disiarkan secara langsung melalui kanal-kanal youtube Dirjen IKP Kemkominfo dan TVRI, juga dimeriahkan dengan pameran, penghargaan bagi UMKM di Papua, talkshow dan workshop UMKM, serta pertunjukan tari dan musik.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mimika, Hilar H. Limbong Allo, S.Sos., M.Si., usai acara puncak Gernas BBI di GOR Cenderawasih, Jayapura, Papua, mengatakan, "Dinas Kominfo Kabupaten Mimika mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan memberi kesempatan pada dua UMKM dari Mimika untuk mengikuti pameran Festival Kopi Papua di lokaai yang sama.

Kedua UMKM selama ini telah menggunakan media sosial dan e-commerce untuk mempromosikan produknya, terutama selama masa pandemi covid-19. Keduanya telah merasakan peningkatan penjualan melalui online. Bahkan produk minyak buah merah sudah go international dengan dikirim ke Malaysia dan produk kopi secara rutin memasok kebutuhan di PT. Freeport Indonesia."

Hilar menyatakan, kedua produk UMKM ini merupakan produk asli dari Kabupaten Mimika, mulai dari bahan baku hingga pengolahan, semua dilakukan di Mimika. Selain itu, kedua UMKM ini juga sudah melengkapi surat atau perizinan yang diperlukan sebelum memasarkan produknya.

Hilar menambahkan, "Keberadaan Dinas Kominfo diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM OAP untuk lebih memanfaatkan digitalisasi dalam memasarkan produk asli Mimika, hingga lebih dikenal secara global, bahkan internasional."

Dinas Kominfo bersama-sama dengan OPD lain, seperti Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan dan OPD terkait lainnya, dapat mendorong agar UMKM OAP yang ada di Kabupaten Mimika bisa go digital.

"Sebagai pemerntah, Dinas Kominfo hanya mendukung dengan menyiapkan infrastruktur, sarana dan prasarana agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan produknya dan memperluas jangkauan pemasaran," imbuhnya.

Diterangkan Hilar, Kabupaten Mimika sendiri, mendapatkan bantuan dari Kemenkominfo berupa pembangunan 25 unit BTS di tahun 2022. Dengan bantuan tersebut, diharapkan jaringan internet dapat menjangkau distrik-distrik di pinggiran kota, pedalaman, pesisir dan pegunungan. (DiskominfoMimika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel