-->
Tabloid Lelemuku

Cegah Campak dan Rubella, Puskesmas Dekai Gencar Imunisasi MR ke Anak-Anak di Yahukimo

Cegah Campak dan Rubella, Puskesmas Dekai Gencar Imunisasi MR ke Anak-Anak di Yahukimo.lelemuku.com.jpg

DEKAI, LELEMUKU.COM – Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Pegunungan Papua, Nelly Aspalek meminta seluruh orangtua di daerah tersebut untuk lindungi buah hati dari Bahaya Penyakit  Campak dan Rubella dengan melakukan imunisasi MR.
    
“Imunisasi MR dapat Melindungi anak-anak kita dari penyakit campak dan Rubella yang dapat menyebabkan cacat dan Kematian,” ungkap dia kepada Lelemuku.com di di SD dan TK Katolik Dekai Yahukimo pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Nelly mengatakan bahaya campak dapat Menyebabkan Komplikasi yang serius seperti radang paruh atau pneumonia,radang otak atau ensefalitis, kebutaan,gizi buruk hingga berujung pada kematian.

“Gejala campak biasanya demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit, batuk dan pilek, dan mata merah,” katanya.

Selanjutnya untuk gejala rubella ditunjukkan tanpa gejala, pada umumnya mirip gejala flu, yaitu  demam ringan, pilek, nyeri persendian, pusing, dan mata berair.

Bahaya dari rubella berupa penyakit ringan pada anak tetapi jika menulari ibu hamil dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan, juga kelainan jantung, katarak mata dan gangguan pendengaran.

Salah seorang suster di puskesmas itu, Nunu menambahkan puskesmas Dekai Yahukimo bergerak cepat untuk turun ke sekolah- sekolah agar generasi muda daerah tetap sehat dan terhindar dari penyakit tersebut.

“Ada penemuan KLB di tahun Oktober 2021, maka kami bergerak cepat imunisasi anak umur 9 bulan sampai 11 Tahun,” ujar nya. (Olemah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by