-->
Tabloid Lelemuku

10 Suku Hadiri Festival Budaya Yahukimo 2022

10 Suku Hadiri Festival Budaya Yahukimo 2022

DEKAI, LELEMUKU.COM - Festival Budaya Yahukimo pada tahun 2022 dilaksanakan di ibukota Kabupaten Yahukimo, Dekai pada Kamis 4 Agustus 2022.

Iven budaya yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata setempat ini bertujuan untuk Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022.

Festival yang bertemakan "Budayaku Kebanggaanku, Lestarikan Budaya Yahukimo dari Kepunahan," ini menceritakan tentang masyarakat dari Suku besar Hubla yang sakit di sembuhkan oleh dukun sebelum mereka mengenal Injil.

Acara yang diikuti 10 suku di kabupaten tersebut secara resmi dibuka oleh PJ  Sekda Yahukimo, Aron Wanimbo di halaman Aula Bupati Yahukimo, Dekai.

Turut hadir 32 kepala OPD, Kapolres Yahukimo dan Dandim 1215 Yahukimo yang sekaligus menyaksikan festival budaya Yahukimo 12 Suku.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Yahukimo, Mega Joordens Pakan mengatakan dinasnya siap mengelola kegiatan yang dibiayai dari sumber dana Otsus untuk waktu kedepannya.

"Untuk tahun depan kita butuh biaya yang besar untuk kegiatan yang lebih besar lagi. Ini dalam rangka HUT RI 77 bukan usia muda tapi sudah tua jadi kita akan buat yang terbaik untuk Negara dan masyarakat Yahukimo," katanya.

10 dari 12 suku yakni Hubla, Yali Ninia, Yali Anggruk, Kimyal, Mek, Ngalik, Una, Ukam, Momuna dan Kopkaka hadir dalam festival tersebut, sementara Suku Korowai dan Bese tidak bisa hadir karena berhalangan. (Olemah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by