-->
Tabloid Lelemuku

Tujuh Pemain Liga Rugby Nasional Australia Tolak Kenakan Jersey LGBTQ


CANBERRA, LELEMUKU.COM - Tujuh pemain Manly Sea Eagles mengundurkan diri dari pertandingan Liga National Rugby (NRL) di Australia karena mereka tidak mau memakai jersey inklusi klub mereka.

Jersey tersebut menampilkan garis-garis pelangi di bagian depan dan kerahnya untuk mendukung penyertaan LGBTQ dalam olahraga. Klub itu berencana mengenakannya dalam pertandingan melawan Sydney Roosters.

Pelatih Sea Eagles Des Hasler, Selasa (26/7), mengatakan, ketujuh pemain memberi tahu pejabat klub bahwa mengenakan jersey seperti itu bertentangan dengan keyakinan budaya dan agama mereka. ''Mereka tidak akan bermain pada hari Kamis dan kami menerima keputusan mereka,'' katanya. “Orang-orang muda ini memiliki keyakinan yang kuat dan kami akan memberi mereka ruang dan dukungan yang mereka butuhkan.”

Mereka yang menolak mengenakan jersey itu adalah Josh Aloiai, Jason Saab, Christian Tuipulotu, Josh Schuster, Haumole Olakau'atu, Tolu Koula dan Toafofoa Sipley. Masing-masing skuad NRL terdiri 13 pemain utama dan empat pemain cadangan untuk setiap pertandingan.

Ketua Komisi NRL Australia Peter V'landys mengatakan ia memahami keputusan para pemain itu karena alasan agama dan budaya, tetapi menyuarakan pentingnya memasukkan dan menerima kelompok-kelompok marjinal dalam olahraga.

“Satu hal yang saya banggakan dengan liga rugby adalah kami memperlakukan semua orang sama,” kata V'landys. “Kami tidak mempersoalkan warna kulit, orientasi seksual, atau ras Anda. Kita semua setara.” “Kami tidak akan pernah mengambil langkah mundur untuk menjadikan olahraga kami inklusif. Tetapi pada saat yang sama kami tidak akan meremehkan kebebasan para pemain kami,” katanya,

NRL tidak menyelenggarakan kompetisi rugby untuk LGBTQ, namun V’landys mengatakan, itu bisa menjadi pertimbangan pada musim-musim pertandingan mendatang. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by