-->

Ferdinand Marcos Jr Bertemu Wang Yi Bahas Laut China Selatan


BEIJING , LELEMUKU.COM - Presiden baru Filipina Ferdinand Marcos Jr. bertemu Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Rabu (6/7). Mereka membahas perselisihan yang telah lama memanas di Laut China Selatan, sementara ia menghadapi dilema kebijakan luar negeri yang mencakup persaingan Amerika-China di kawasan itu.

Memakai kemeja formal khas Filipina, Wang diterima Marcos Jr. di istana presiden. Ia menyampaikan undangan Presiden Xi Jinping untuk mengunjungi Beijing, kata seorang pejabat Filipina.

Wang tiba di Manila pada Selasa malam sebagai bagian dari perjalanan ke Asia Tenggara. Ia sebelumnya ke Myanmar dan Thailand. Dia juga akan mengunjungi Malaysia dan Indonesia, di mana ia diperkirakan menghadiri pertemuan para menteri luar negeri G20.

Kunjungan Wang mengantar Marcos Jr. lebih awal ke masalah diplomasi luar negeri yang sensitif yang sering mendorong para pendahulunya untuk melakukan tindakan penyeimbangan yang rumit. Dalam konferensi pers yang disiarkan televisi Selasa, ia mengatakan bahwa ia akan membahas dengan Wang cara-cara yang mungkin untuk menyelesaikan perselisihan Manila dengan Beijing di Laut Cina Selatan yang diperebutkan tetapi juga akan mengusulkan untuk memperluas hubungan lebih lanjut.

Marcos Jr. dilantik pada Kamis lalu setelah menang telak dalam pemilu bulan Mei. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel