-->

Daisy Urbinas Ungkap Keberhasilan Kinerja RSUD Abepura Hadapi Covid-19

Daisy Urbinas Ungkap Keberhasilan Kinerja RSUD Abepura Hadapi Covid-19

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura di Kota Jayapura, Provinsi Papua, dr. Daisy Chostance Urbinas mengungkapkan keberhasilan kinerja pihaknya selama menghadapi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sejak 26 Maret 2020 hingga 2022. 

“Pada bulan Maret hingga November 2020 menjadi rumah sakit rujukan Provinsi Papua untuk Covid-19 dan melayani 100 persen pasien Covid-19 dengan total 366 pasien, 352 sembuh, 14 meninggal dan 1.193 isolasi mandiri,” ungkap dia saat expose kinerja di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Papua pada Selasa, 6 Juli 2022. 

Daisy mengatakan RSUD Abepura mendapat nilai 87 persen hasil survey kepuasan pasien terhadap pelayanan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, menyusun dan menetapkan 99 Standar Prosedur Operasional (SPO) pelayanan Covid-19.

Rumah sakit itu mengubah secara cepat ruang rawat yang ada sesuai standar mutu rawat inap Covid-19 dengan system anterum mendekati standar pelayanan Covid-19, sehingga pelayanan pasien bisa dilaksanakan dengan baik. 

Kemudian di tahun 2021, pasien Covid-19 yang dilayani sebanyak 460 orang, 415 orang sembuh, dan 55 orang meninggal dunia dengan indicator nasional mutu rumah sakit kepuasan pasien mencapai 95 persen melebihi target 76,61 persen. 

“Menyusun dan menetapkan 35 alur klinis sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan,” ujarnya. 

RSUD Abepura tercatat telah berhasil menyelesaikan klaim pasien Covid-19 secara baik dan tuntas ke Kemenkes. Dana tersebut menjadi sumber pendapatan RSUD Abepura untuk menunjang keberlangsungan pelayanan di tahun 2022. 

Selain itu, bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan renovasi 2 ruangan untuk dijadikan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ruang rawat Covid-19 sesuai standar nasional dengan ruangan bertekanan negatif, pintu interlock dengan kapasitas 36 tempat tidur. 

Daisy menjelaskan pihaknya juga mendapat bantuan hibah alat kedaruratan dari Kemenkes berupa 12 TT, 6 unit ventilator, 12 unit bed side monitor, 12 unit syringe pump, 12 unit infuse pump, 3 unit EKG dan MoU dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dan RS Siloam Tangerang terkait pelayanan bedah saraf. 

Pencapaian lainnya seperti uji coba pendaftaran pasien rawat jalan secara online via website dan memperluas cakupan pelayanan rawat jalan dan rawat inap untuk poli jantung, urologi, dan bedah saraf serta keberhasilan dalam operasi sulit.

RSUD Abepura telah menerapkan remunerasi pembayaran jasa dan menjadi tempat belajar terkait akreditasi bagi RSUD yang berproses akreditasi, seperti RSUD Puncak Jaya dan RSUD Nabire. 

“Pada bulan Desember 2022 dan tahun 2023 kami mempersiapkan lahan baru seluas 2 hektar di kilo 9 Koya untuk apartemen karyawan dan rumah jabatan,” sebut Daisy. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel