-->
Tabloid Lelemuku

Selain Faktor Elektoral, Megawati Ungkap Kriteria Calon Presiden 2024 dari PDIP

Selain Faktor Elektoral, Megawati Ungkap Kriteria Calon Presiden 2024 dari PDIP.lelemuku.com.jpg

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap sejumlah kriteria calon presiden yang akan diusung partainya di Pilpres 2024.

Menurut Megawati, elektoral tidak menjadi pertimbangan utama partai banteng memilih calon pemimpin. 

"Pemimpin yang saya cari tidak hanya yang mengandalkan elektoral semata," ujarnya di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Kamis, 23 Juni 2022.

Kata Megawati, ia mencari pemimpin yang bisa melihat tantangan ke depan, seperti ketidakpastian global, ancaman resesi dunia, krisis pangan dan banyak lainnya.

"Pemimpin yang didambakan rakyat adalah sosok yang kuat secara ideologis, mumpuni, memiliki kemampuan memimpin, serta kemampuan tata kelola pemerintahan untuk sebuah negara Indonesia yang begitu besar," tuturnya.

Kata Megawati, ia masih menimbang-nimbang siapa sosok yang cocok dengan kriteria tersebut untuk diusung sebagai calon presiden. Ia meminta semua pihak bersabar. Menurut Megawati, PDIP tidak ingin buru-buru tanpa pertimbangan matang. Toh, ujar dia, Pilpres 2024 masih dua tahun lagi.

"Ya sabarlah sedikit. Kan masih lama, dua tahun lagi, ya boleh dong saya umpetin aja dulu," tuturnya. Saya sebagai ketua umum harus berhitung, dan perhitungan saya belum selesai".

Meski demikian, ada dua nama di internal PDIP yang saat ini ramai diperbincangkan sebagai calon presiden. Yang pertama adalah Ganjar Pranowo dan kedua Puan Maharani yang merupakan putri Megawati.

Nama Ganjar lebih moncer dalam berbagai survei. Elektabilitasnya selalu berada di tiga besar bersama Prabowo dan Anies Baswedan. Namun sebagian kader PDIP menginginkan Puan Maharani yang maju dalam Pilpres 2024.

Presiden Jokowi saat berada di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara sempat ditanya siapa yang akan dipilihnya, Puan atau Ganjar. Jokowi mengernyitkan kening lalu menyatakan, "Kalau Pak Ganjar ada di sini, saya akan jawab hehehe." (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by