-->

Pemimpin China Xi Jinping Tiba di Hong Kong untuk Peringatan 25 Tahun Penyerahan Wilayah Jajahan


HONG KONG, LELEMUKU.COM - Pemimpin China Xi Jinping tiba di Hong Kong, Kamis (30/6), menjelang peringatan 25 tahun penyerahan Inggris. Ini adalah perjalanan pertama Xi ke luar daratan China dalam hampir dua tahun, dan berlangsung setelah transformasi dua tahun yang membuat kota itu lebih ketat di bawah kendali Partai Komunis.

Para pendukungnya mengibarkan bendera China dan Hong Kong meneriakkan “Selamat datang, selamat datang! Sambutan hangat!'' saat kereta Xi berhenti di stasiun kereta.

Xi dan istrinya, Peng Liyuan, disambut oleh pemimpin kota Carrie Lam saat mereka turun dari kereta. Xi melambai kepada pendukung yang menyambutnya di peron, dan kemudian menyapa John Lee, pemimpin Hong Kong yang akan datang; Leung Chun-ying, mantan kepala eksekutif kota; dan para pejabat lainnya.

"Saya sangat senang berada di Hong Kong,” kata Xi dalam pidatonya di stasiun kereta Hong Kong West Kowloon. “Sudah lima tahun sejak terakhir kali saya berkunjung, dan dalam lima tahun terakhir saya telah memperhatikan dan memikirkan tentang Hong Kong.”

Di bawah kepemimpinan Xi, China telah merombak Hong Kong dalam dua tahun terakhir, menindak aksi-aksi protes dan kebebasan berbicara dan memperkenalkan kurikulum yang lebih patriotik di sekolah-sekolah. Perubahan tersebut meredam semua suara oposisi dan mendorong banyak orang hengkang dari kota itu.

Hong Kong dan Makau, yang berada di dekatnya, adalah wilayah administratif khusus yang diatur secara terpisah dari wilayah China lainnya, yang dikenal sebagai daratan China.

Pada Kamis (30/6) malam, Xi diperkirakan akan mengunjungi Taman Sains Hong Kong sebelum bertemu dengan politisi dan taipan pro-Beijing, dan kemudian menghadiri jamuan makan malam tertutup yang diselenggarakan oleh Lam, kepala eksekutif yang akan mengakhiri masa jabatannya, menurut surat kabar lokal South China Morning Post.

Baik Xi dan Peng kemungkinan akan menghabiskan Kamis malam di kota Shenzhen -- 15 menit dari Hong Kong dengan kereta api berkecepatan tinggi -- dan kembali ke kota pada Jumat pagi untuk menghadiri acara 1 Juli.

Pada hari Jumat (1/7), Xi akan menghadiri upacara yang menandai kembalinya Hong Kong ke pemerintahan China pada 1 Juli 1997 dan meresmikan upacara pelantikan pemerintahan baru yang dipimpin oleh pemimpin baru Lee. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel