-->

Lemasko Minta Eltinus Omaleng Seriusi Penyelesaian Tapal Batas Mimika di Wilayah Barat

Lemasko Minta Eltinus Omaleng Seriusi Penyelesaian Tapal Batas Mimika di Wilayah Barat .lelemuku.com.jpg

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Salah satu tokoh masyarakat Kamoro, Marianus Maknaipeku meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua untuk seriusi persoalan tapal batas wilayah dengan Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Dogiyai yang berbatasan dengan Kapiraya, Distrik Mimika Barat Tengah dan Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh.

"Kami dari pihak lembaga adat meminta kepada pemerintah Kabupaten Mimika untuk segera selesaikan masalah tapal batas wilayah yang mana di Kapiraya dan Potowayburu itu suda diserobot oleh orang-orang dari kabupaten lain," kata Marianus di Timika, Rabu (1/6/2022).

Ia menjelaskan, persoalan batas wilayah ini telah terjadi dimasa kepemimpinan Bupati Mimika sebelumnya, almarhum Klemen Tinal yang mana pada saat ini Pemkab Mimika tengah fokus pada pemekaran dua kabupaten yang memungkinkan adanya penyerobotan tanah oleh kabupaten tetangga, sehingga tidak bakal terjadi.

"Kalau dari dulu sewaktu almarhum pak Klemen Tinal jadi bupati kalau fokus ke pemekaran 2 kabupaten di Mimika mungkin bisa dibendung jadi orang disana lambat berkembang jadi mereka serobot didataran rendah," jelasnya.

Untuk itu, pihak Lembaga meminta kepada Pemkab Mimika untuk seriusi penyelesaian tapal batas wilayah.

"Kami minta kepada pemerintah segera selesaikan tapal batas wilayah di Kapiraya dan Potowayburu. Tapi pemerintahan kami diam saja. Jadi lembaga harus menyurat kepada pemerintah untuk bentuk tim dan serius masalah batas wilayah," tegasnya. (Ricky Lodar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel