-->

Ikemal Papua Antusias Dukung Pelaksanaan Kongres Aman VI Tahun 2022 di Tanah Papua


SENTANI, LELEMUKU.COM – Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Tanah Papua antusias mendukung pelaksanaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nasional (Aman) VI Tahun 2022 di Papua pada tanggal 24 hingga 29 Oktober 2022.

“Kami pasti akan mengambil bagian. Pada pelaksanaan PON XX tahun 2021 saja untuk delegasi Maluku kami habis-habisan. Jadi ini harus kita dukung bersama,” ungkap Ketua Ikemal Papua, Christian Sohilait kepada awak media pada Rabu, 1 Juni 2022.

Menurutnya, adat dan budaya yang ada di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari terbentuknya Negara Indonesia itu sendiri. Masyarakat adat telah menujukkan beragam kearifan local dalam mengelola kekayaan negeri.

“Selain ada dalam wilayah pemerintah republik, masyarakat Maluku di Papua pun sangat menjunjung tinggi adat dan budaya,” ujar Sohilait.

Ia mengajak seluruh masyarakat Maluku di seluruh Papua, khususnya di wilayah adat Tabi meliputi Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom, Mamberamo Raya dan Kota Jayapura yang akan menjadi tuan rumah untuk turut berperan aktif dan berdoa demi kelancaran iven besar 5 tahunan itu.

“Pasti ada banyak hal-hal yang akan diputuskan untuk kelangsungan adat dan budaya yang ada di Papua, khususnya Tabi sebagai tuan rumah,” ajak Sohilait.

Sebelumnya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw meminta seluruh paguyungan yang ada di daerah itu untuk  bergandengan tangan sukseskan iven yang dihadiri oleh 6.000 peserta aktif hingga mencapai 10.000 orang.

Ia menyatakan kegiatan akbar itu juga akan menjadi pegelaran budaya dan seni yang paling besar di Indonesia, bahkan bisa melebihi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX pada tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 lalu.

“Kongres ini pun akan menyerukan keberagaman yang utuh untuk Indonesia,” kata Awoitauw. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel

powered by