-->

Cabai di Pasar Sentral Timika Capai Rp 75 ribu Perkilo, Tomat 50 ribu perkilo

Cabai di Pasar Sentral Timika Capai Rp 75 ribu Perkilo, Tomat 50 ribu perkilo

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Harga cabai di pasar sentral Timika, Papua mengalami kenaikan dari harga sebelumnya dijual seharga Rp 50 ribu perkilo kini naik menjadi Rp 70 ribu perkilonya. 

Selain harga cabai, harga tomat juga mengalami kenaikan sebesar Rp 10 ribu, sebelumnya harga tomat di jual dengan harga Rp 40 ribu perkilonya kini naik menjadi Rp 50 ribu perkilonya.

"Kalau harga rica naik, jadi saya jual sekilo Rp 75 ribu, begitu juga dengan tomat saya naikkan jadi Rp 50 ribu per kilonya," kata pedagang bumbu Aziz.

Penyebab kenaikkan harga rica dan tomat, karena ketersediaan dipasaran mengalami kekosongan, yang mana rica dikirim ke beberapa kabupaten tetangga seperti Merauke, Jayapura.

Sementara untuk tomat biasanya didatangkan dari luar Timika, seperti dari Bula (Maluku) dan pulau Jawa mengalami keterlambatan pengiriman. 

"Stok menipis karena rica di kirim keluar Timika, kalau tomat itu terlambat dikirim," ungkap Aziz.

Sementara untuk pengencer harga cabai bisa di pasaran mencapai Rp 100 ribu perkilonya sementara tomat bisa mencapai Rp 60 ribu perkilonya. 

Walaupun harga cabai dan tomat mengalami kenaikan harga namun karena kebutuhan, warga tetap membelinya.

"Kalau di pengecer itu bisa dijual Rp 100, tapi banyak pembeli karena butuh," ungkapnya. (Ricky Lodar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel