-->

Bhabinkamtibmas Kolaborasi Bersama Babinsa Sambangi Tokoh Adat demi Kamtibmas Mimika

Bhabinkamtibmas Kolaborasi Bersama Babinsa Sambangi Tokoh Adat demi Kamtibmas Mimika

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Mimika terkait dengan rencana penetapan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Tengah sekaligus ibukota provinsi oleh DPR RI Komisi II tanggal 30 juni 2022 Bhabinkamtibmas kelurahan Timika Indah berkolaborasi dengan Babinsa lakukan sambang dan galang kepada tokoh adat. 

Adanya pro kontra di kalangan masyarakat di wilayah Kabupaten Mimika khususnya dan pada umumnya di wilayah Papua terkait dengan kebijakan pemerintah Pusat dalam menetapkan / mengesahkan Provinsi Papua Tengah beserta ibukotanya menjadi atensi khusus pihak aparat keamanan dalam menekan serta meminimalisir timbulnya ancaman gangguan Kamtibmas yang luas. 

Dengan demikian pihak aparat keamanan meningkatkan kegiatan kepolisian melakukan tindakan pencegahan dengan mengedepankan langkah-langkah persuasif melalui bhabinkamtibmas dan fungsi lainnya. 

Peningkatan patroli rutin pada kantong-kantong massa serta memberikan pesan-pesan Kamtibmas selalu dilakukan secara berkesinambungan dengan harapan bisa memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat dalam kepeduliannya menjaga Kamtibmas bersama. 

Tak ketinggalan pula peran serta bhabinkamtibmas dikedepankan untuk melakukan sambang dan penggalangan dalam memberikan pencerahan dan pemahaman Kamtibmas kepada warga maupun tokoh-tokoh yang dianggap berkompeten di wilayahnya. 

Seperti halnya yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Timika Indah dengan berkolaborasi bersama Babinsa hari ini Rabu (29/06/2022) melakukan sambang dan penggalangan terhadap tokoh adat suku kamoro Bpk. Philipus Monaweyau untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di lingkungan Kelurahan Timika Indah khususnya dengan harapan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakatnya untuk tidak terprovokasi dan bersama-sama menjaga Kamtibmas demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif. 

"Kami meminta kepada bapak untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terprovokasi pada perkembangan situasi Kamtibmas saat ini karena hal tersebut dapat merugikan diri sendiri," kata Brigadir Cristian Saragih selaku Bhabinkamtibmas. 

Ditambahkan pula oleh Babinsa Serda Nikson bahwasannya, masyarakat diminta peka dalam menyikapi setiap perkembangan situasi Kamtibmas demi keamanan dan kenyamanan diri pribadi keluarga dan masyarakat secara umum.

"Warga dihimbau agar peka dengan situasi lingkungan dimana kita berada," ungkapnya. 

Tanggapan tokoh adat suku kamoro dalam menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas yakni akan tetap melakukan kolaborasi dan koordinasi dengan pihak aparat keamanan khususnya Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang berada Kelurahan Timika indah apabila terjadi hal-hal yang mengarah pada timbulnya ancaman gangguan Kamtibmas. 

Kolaborasi bhabinkamtibmas dan Babinsa akan dilakukan secara berkesinambungan demi menyampaikan pesan-pesan kamtibmas demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. (Ricky Lodar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel