-->

Murad Ismail Harapkan Lulusan SMAN Siwalima Lahirkan SDM Berkualitas


AMBON,LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku, Murad Ismail mengharapkan lulusan SMA Negeri Siwalima Ambon yang merupakan SMA Unggulan Provinsi Maluku dapat melahirkan sumber daya (SDM) berkualitas.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Maluku, Semmy Huwae pada wisuda dan pelantikan 168 siswa SMA Negeri Siwalima Ambon angkatan ke-XIV.

Wisuda angkatan ke-XIV dipusatkan di Auditorium Universitas Pattimura, Ambon, Sabtu (14/05/2022) dengan tema “Menuju Maluku Jaya Melalui Jiwa-Jiwa Muda Siwalima dalam Semangat Hidop Orang Basudara”.

168 lulusan ini merupakan putra putri dari seluruh kabupaten kota di Maluku yang mengenyam pendidikan di tahun ajaran 2019-2022 atau selama tiga tahun di SMA Negeri Siwalima Ambon.

“Pendidikan merupakan salah satu instrumen penting yang besar pengaruhnya untuk transformasi peradaban suatu bangsa. Kualitas SDM suatu bangsa ikut ditentukan oleh kualitas pendidikannya. Kendati pendidikan akan melahirkan SDM sebagai investasi yang tak pernah ada habisnya,” tandas Gubernur.

Gubernur mengatakan, wisuda ini menunjukkan eksistensi bahwa SMA Negeri Siwalima Ambon setiap tahun mampu melahirkan sumber daya manusia berkualitas sebagai aset penting bagi daerah, bangsa, dan negara.
SMA Negeri Siwalima Ambon lanjutnya, menjadi jembatan strategis untuk menjawab kebutuhan SDM yang berkualitas di daerah ini sekaligus menjadi pilar pembangunan yang mampu melakukan berbagai inovasi dan kreativitas sehingga dapat sama-sama mewujudkan visi pembangunan Maluku 2019-2024 yakni Maluku yang terkelola secara jujur bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

Ia berpesan kepada para siswa yang diwisudakan agar tidak cepat berpuas diri dengan apa yang dicapai hari ini, kendati momentum wisuda bukanlah akhir dari suatu perjuangan, tetapi awal dari karya dan pengabdian. Olehnya itu diharapkan kepada wisudawan untuk terus belajar, tingkatkan prestasi sebab sekolah ini merupakan salah satu sekolah unggulan yang dimiliki daerah ini.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMAN Siwalima Ambon, Nasir Tidore mengatakan, dari 168 peserta yang lulus 100 persen, sebanyak 10 peserta dinyatakan sebagai lulusan terbaik.

Ia berharap, semua lulusan mendapat perhatian dari pemerintah daerah untuk memfasilitasi ke jenjang yang lebih tinggi terutama bagi lulusan yang tidak mampu dari segi finansial sehingga nantinya dapat mengabdi pada berbagai birokrasi pemerintah dan swasta di Provinsi ini.

Selanjutnya, di era 4.0 ke society 5.0 SMAN Siwalima Ambon sebagai SMA unggulan perlu terus ditingkatkan mutu dan daya saing, tentunya lewat dukungan Pemda melalui peningkatan sarana prasarana, kompetensi dan kesejahteraan guru agar dapat berperan lebih dalam menyiapkan SDM Maluku pada tahun-tahun yang akan datang.

“Kami berharap semoga tahun ini dan seterusnya pemerintah provinsi Maluku dapat memperhatikan ini guna penyiapan sumber daya manusia di Maluku pada tahun-tahun yang akan datang secara lebih efektif,” tutupnya.

Usai wisuda dan pelantikan, 168 siswa ini diserahkan dari pihak sekolah kepada pihak orang tua. (indonesiatimur.co)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel