-->

Jhon Richard Banua Pimpin Peringatan Hardiknas di Kabupaten Jayawijaya

Jhon Richard Banua Pimpin Peringatan Hardiknas di Kabupaten Jayawijaya.lelemuku.com.jpg

WAMENA, LELEMUKU.COM - Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menggelar upacara bendera yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayawijaya, Jumat (13/05/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua S.E., M.Si yang juga sekaligus membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pada momen memperingati hari pendidikan ini juga sekaligus dilakukan Launching Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah yang akan mulai diterapkan pada tahun ajaran baru ini, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, hingga SMP.

“Mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah ini akan langsung diterapkan di Tahun Ajaran baru ini, dan pengadaan bukunya juga sudah kita lakukan tahun ini,” ungkap Bupati Jayawijaya Jhon R. Banua S.E., M.Si usai launching.

Pemerintah telah menyiapkan 150 tenaga pendidikan (guru kontrak) anak-anak asli Jayawijaya yang akan membantu pelayanan pendidikan termasuk mengajarkan mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah.

Bupati menilai penerapan mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah ini sangat penting bagi generasi muda di Jayawijaya.

“Bukunya disusun oleh tokoh-tokoh masyarakat yang memang merupakan pemerhati dunia pendidikan di Jayawijaya, khususnya yang menggunakan bahasa daerah. Tahapannya sudah kami lakukan beberapa Tahun lalu dan sekarang kami launching,” ungkap Bupati.

Pada momen peringatan hari pendidikan, Bupati Jayawijaya menyampaikan terimakasih kepada pihak Dinas Pendidikan dan para tenaga pendidik, berharap dengan peringatan hari pendidikan ini, pelayanan pendidikan di Jayawijaya dapat lebih baik lagi.

“Saya sebagai Bupati ingin pendidikan di Jayawijaya  semakin baik, saya harap dukungan dari semua para guru karena peran guru sangat penting. Guru-guru ASN harus mainkan perannya dengan baik meski ada tambahan guru honor. Mari kita bersama bertanggung jawab dengan melaksanakan pendidikan  di Jayawijaya dengan baik demi generasi Jayawijaya,”.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayawijaya, Bambang Budiandoyo mengatakan terkait pemberlakuan muatan lokal bahasa daerah pihakya telah menyusun kompetensi khusus dan dasar sesuai jenjang,  karena setiap jenjang pendidikan berbeda-beda mulai dari model pembelajaran maupun tingkat kesulitan.

“Berdasarkan kurikulum yang ada yaitu kurikulum dalam kondisi khusus kita mengadaptasi itu dan kita membuat kompetensi inti, kompetensi dasar dan materi pokok pada jenjang PAUD, SD, dan SMP. Sehingga pada masing-masing jenjang disesuaikan dengan tingkat kesetaraan masing-masing yang sudah kami analisa berdasarkan informasi dan pengalaman secara teknis serta peraturan dari guru-guru di lapangan,” tuturnya.

Lanjutnya, untuk mempermudah murid ditingkat TK pastinya akan diperkenalkan melalui gambar-gambar dengan bahasa lokal disertai dengan bahasa Indonesia sehingga mempermudah anak didik.

“Jadi akan diawali dengan bahasa sehari-hari, pengenalan awal diri mereka sendiri, lingkungan mereka, keluarga mereka, dan alam sekitar mereka. Walau demikian tetap disesuaikan dengan tingkat kesulitan jenjang dikurikulum masing-masing,” pungkasnya. (DiskominfoJayawijaya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel