-->

Tempo akan Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Bangka Belitung dan Palu pada Juni 2022

Tempo akan Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Bangka Belitung dan Palu pada Juni 2022 .lelemuku.com.jpg

JAKARTA SELATAN, LELEMUKU.COM - Lembaga Uji Tempo akan kembali menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Bangka Belitung dan Sulawesi Tengah. Sebelumnya, kegiatan UKW sudah terselenggara di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 30 – 31 Maret 2022 lalu

Pelaksanaan UKW di Bangka Belitung akan dilaksanakan di Pangkal Pinang pada 14-15 Juni 2022. Sementara di Sulawesi Tengah, UKW akan berlangsung di Palu pada 25-26 Juni 2022.  Pelaksanaan UKW ini akan difasilitasi oleh Dewan Pers serta berkolaborasi dengan lembaga uji lain yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI). 

“Seperti UKW di DIY, kuota peserta terbatas dan gratis,” kata Direktur Tempo Institute Qaris Tajudin, Sabtu, 16 April 2022.

Pelaksanaan UKW di Bangka Belitung dan Sulawesi Tengah menampung peserta yang terbatas. Qaris pun menghimbau bagi yang berminat untuk segera mendaftarkan diri dan melengkapi persyaratan. 

“Kami memprioritaskan calon peserta yang mendaftar di awal dan dokumen yang dikirimkan sesuai persyaratan administrasi,” kata Qaris.

Peserta yang lolos seleksi administrasi wajib mengikuti pra-UKW atau pelatihan. Kegiatan tersebut dilaksanakan seminggu sebelum UKW. Pra-UKW ini turut memengaruhi penilaian calon peserta menjadi peserta sah UKW. Indikator penilaian bergantung pada nilai postest setiap sesi pelatihan dan tingkat kehadiran ketika pra-UKW.

Pelaksanaan UKW di Bangka Belitung dan Palu terbuka untuk jenjang Muda, Madya, dan Utama. Informasi perdaftaran selengkapnya dapat dilihat di tautan bit.ly/UKW-Tempo

Menurut Koordinator UKW Tempo, Elik Susanto, bahwa  peserta yang diuji Tempo dalam pelaksanaan UKW di Yogyakarta sebanyak 18 orang. Jumlah tersebut adalah kuota yang ditetapkan oleh Dewan Pers dan merupakan hasil seleksi dari 35 calon peserta yang mendaftar.  Dan, 18 peserta tersebut seluruhnya wartawan jenjang muda dan berkompeten.  

Sementara itu, total peserta UKW di DIY sebanyak 54 wartawan. Lembaga Uji PWI menguji sebanyak 36 jurnalis untuk jenjang Muda, Madya, dan Utama.  “Peserta yang diuji PWI juga dinyatakan kompeten semua,” kata Elik.

Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan di Yogyakarta berlangsung  selama dua hari. Rangakaian acaranya dibuka oleh anggota Dewan Pers Arif Zulkifli dan sambutan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, perwakilan Lembaga Uji UKW Tempo, serta perwakilan Lembaga Uji UKW PWI Prof. Rajab Ritonga. (Naomy A. Mugraheni| Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel