-->

Gunawan Sumarsono Dukung Kolaborasi Kejari dan PWI Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Provinsi Maluku menyatakan siap berkolaborasi dan bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Bumi Duan Lolat.
    
"Hubungan yang sudah baik harus terus dilanjutkan. Kami perlu keterlibatan dan bantuan dari PWI. Karena kalau kita sudah maksimal, tapi masyarakat tidak tahu kerja kejaksaaan adalah sia-sia," tutur Kajari Tanimbar Gunawan Sumarsono, saat menerima audensi pengurus PWI KKT di ruang kerjanya, Kamis (7/4/2022).

Kajari Gunawan pun mengenang masa-masa tugas dia yang selalu berhubungan dengan jurnalis. Diakui, sebelumnya kejaksaan memang tertutup untuk media. Akan tetapi sejalan dengan kemajuan zaman, ketertutupan tidak bisa lagi dipertahankan, kejaksaan dituntut untuk terbuka kepada publik terhadap hal-hal yang memang harus dipublish.

"Kalau ada wartawan datang ke kantor kita dan bertanya sesuatu yang memang tupoksi kita. Jelaskan apa adanya. Wartawan bukan untuk ditakuti atau dijauhi tapi ajaklah berdiskusi," katanya.

Dikesempatan itu, Kajari juga menyampaikan, pihaknya selalu terbuka menjelaskan perkembangan kasus, ketika ditanya wartawan. Menjelaskan perkembangan kasus yang sedang diselidiki, dan berikan pengertian bahwa kasus A masih berjalan. Apabila memang ada hal-hal yang harus ditunda sementara publikasinya, karena untuk mencegah pelaku kabur atau menghilangkan barang bukti, sampaikan.

"Saya yakin, dengan keterbukaan itu teman-teman wartawan akan sangat mengerti, karena itu terkait proses penyidikan. Kalau tidak dijelaskan, malah nanti ada pemikiran yang tidak-tidak dari media atau publik," ujarnya.

Lebih lanjut Gunawan menuturkan, saat ini, profesi wartawan sangat rentan untuk dikriminalisasi. Hal itu tak lepas dari banyaknya sejumlah aturan yang bisa menjerat para wartawan atas berita yang dimuatnya apabila tak mengikuti kaidah yang tepat. Dirinya pun membeberkan, di tengah ledakan disrupsi digital saat ini, ribuan situs berita online pun muncul.

Sementara itu, Koordinator PWI KKT Ever Janson Batlajery, mengenalkan sejumlah pengurus dan rencana untuk musyawarah daerah PWI Provinsi Maluku di Kota Ambon pada bulan Juni mendatang. Terkait banyaknya situs berita online, kata Ever, tidak semuanya telah terverifikasi oleh Dewan Pers. Wartawan pun sangat banyak namun tak semuanya tersertifikasi oleh PWI atau pun organisasi pers lainnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel