-->

Hidupkan Kearifan Lokal, Dukcapil Tanimbar Hadirkan “Walang Data”


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Julius Sumanik menjelaskan peran penting dari dinasnya dalam melaksanakan urusan rumah tangga Pemerintah Daerah.


Selain itu, tugas pembantuan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dukcapil pun menggagas program dengan kearifan lokal yaitu pembentukan walang data, yaitu rumah kebun atau tempat beristirahat, berkumpul, berdiskusi dan membuat gagasan berbagai pihak dalam mengatasi berbagai permasalahan. 


"Intinya walang itu tempat meramu," ujar Sumanik pada Minggu, 16 Januari 2022.


Ia menerangkan dengan memanfaatkan fungsi walang tersebut, persoalan mengenai administrasi kependudukan bisa dibahas dengan masyarakat atau siapa saja yang membutuhkan informasi terkait dukcapil. 


Selanjutnya, dengan adanya dukungan dan keterlibatan Stakeholder di tingkat desa permasalahan kependudukan dapat diatasi bersama-bersama, meskipun dengan keterbatasan tenaga dukcapil. Dimana masyarakat dapat memahami persoalan sendiri sehingga  tercipta kemandirian masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan.


“Namun pembicaraan tersebut dengan memanfaatkan nilai-nilai budaya  dan sosial yang timbul di masyarakat. Dilakulan ditempat yang sederhana,” tutup Sumanik. (Oktofina Batlajery)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel