-->

Unika Soegijapranata dan Unpatti Gelar Seminar Perkuat Eksistensi Negeri Adat

Unika Soegijapranata dan Unpatti Gelar Seminar Perkuat Eksistensi Negeri Adat.lelemuku.com.jpg

AMBON, LELEMUKU.COM – Benda atau simbol budaya merupakan penguatan eksistensi dari negeri adat. Oleh sebab itu keberadaannya perlu dilestarikan oleh masing – masing negeri untuk mengokohkan nilai dan pranata adat dalam keseharian.

Demikian diungkapkan Plh. Sekretaris Kota (Sekot) Rulien Purmiassa, saat membuka seminar hasil penelitan “Urgensi Pelestarian Benda/Simbol Adat Sebagai Penguat Ekistensi Negeri”. Seminar yang terselenggara atas kerjasama Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata – Semarang dan Univesitas Pattimura (Unpatti) Ambon ini dilaksanakan Kamis (9/12/2021) di Balai Kota.

Dikatakan, Kota Ambon merupakan kota yang unik, karena termasuk salah satu dari sedikit kota di Indonesia yang memiliki desa/negeri adat. Keberadaan desa/negeri adat ini di satu sisi menjadi jati diri dan membutuhkan pengakuan disamping itu pada sisi kebijakan anggaran, cukup menguntungkan karena APDB diperkuat dengan dana desa yang jumlahnya signifikan.

“Dari dana desa yang jumlahnya cukup signifikan tersebut digunakan untuk menopang tugas pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan khususnya di desa/negeri adat,” ungkap Purmiassa.
Tekait dengan pelaksanaan seminar, lanjutnya, sangat membantu kota Ambon dalam mengokohkan ekistensi untuk menjawab pertanyaan mengapa ada desa/negeri di wilayah kota.

“Seminar ini berbicara soal pelestarian simbol adat, dimana sebenarnya itulah esensi kita dalam menjustifikasi kebudayan negeri – negeri di kota Ambon,”bebernya.

Menurut Plh Sekot, jika nilai budaya itu benar – benar terinternalisasi di dalam hidup masyarakat maka proses penyelenggaraan pembangunan dapat berjalan tanpa hambatan.

“Sesunggunhnya proses penyelenggaraan pembangunan tidak ada hambatan sturuktural organisastoris, karena nilai adat yang diwarisi. Kalau itu ditaati misalnya, tidak ada proses yang belarut-larut tentang siapa yang harus yang memimpin negeri,”kata dia.

Sayangnya, benda dan simbol adat sebagai warisan leluhur dan eksistensi negeri adat seringkali terdistori oleh kemajuan dan perkembangan zaman.

Untuk itu, Plh Sekot berharap lewat penelitian dan seminar yang dilaksanakan unika dan unpatti, setiap negeri dapat membuka, mengenali, dan mengokohkan pranata adat dalam keseharian, karena adat bukan hanya saat pemilihan raja saja tetapi mencakup keseluruhan aspek hidup masyarakat Negeri.

“Mungkin masyarakat yang ada di Leitimur Selatan dan Nusaniwe, struktur konstelasi negeri ada masih cenderung homogen, tapi di Negeri batu merah tingkat heterogenitas amat tinggi dan untuk mempertahankan eksistensi adat sudah sulit,sehingga lewat kegiatan ini kita lebih mengenal atau mengokohkan eksistensi sebagai negeri adat yang ada di kota Ambon,”tandasnya.

Seminar hasil penelitan “Urgensi Pelestarian Benda/Simbol Adat Sebagai Penguat Ekistensi Negeri” menghadirkan narasumber utama Trihoni Nalesti Dewi dan Yulita Titik dari Unika Soegijapranata dan pembicara lainnya dari Unpatti Ambon yang turut memberikan tinjauan dari berbagai bidang keilmuan terhadap penelitan dimaksud. Rektor Unika, Dr. Ferdinandus, juga hadir secara virtual memberikan arahan.

Turut hadir sebagai peserta seminar para Camat, Penjabat Kepala Pemerintahan Desa/Negeri serta para Raja se- Kota Ambon. (diskominfoambon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel