-->

Rusia, Nepal dan Thailand Jadi Negara Terbaru Serbuan Varian Omicron

Omicron Masuk 47 Negara, Terakhir Terdeteksi di Rusia, Nepal dan Thailand.lelemuku.com.jpg

MOSKOW, LELEMUKU.COM - Penyebaran Omicron terus meluas dan sudah mencapai 47 negara. Kasus terakhir varian terbaru virus Corona itu muncul di Rusia, Nepal dan negara tetangga, Thailand.

Rusia pada Senin, 6 Desember 2021, mengumumkan kasus perdana varian Omicron, demikian laporan kantor berita Rusia. Kasus ini ditemukan pada dua orang yang kembali dari Afrika Selatan.

Interfax yang mengutip otoritas kesehatan konsumen Rospotrebnadzor melaporkan bahwa 10 orang yang tiba dari Afrika Selatan terbukti positif Covid-19.

Kantor berita RIA menyebutkan bahwa Omicron terdeteksi pada dua orang yang tiba dari Afrika Selatan.

Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu menginstruksikan pemerintah agar mempersiapkan skema untuk memerangi Omicron, mengatakan bahwa penting untuk menjaga pasokan obat, oksigen dan juga tempat tidur rumah sakit.

Nepal melaporkan dua kasus pertama Covid-19 varian Omicron pada seorang pendatang berusia 66 tahun yang tiba di Nepal dari negara terkonfirmasi Omicron pada 19 November 2021.

Seorang berusia 71 tahun yang melakukan kontak dengannya dinyatakan positif varian baru COVID-19 pada Minggu, menurut pernyataan kementerian.

Tidak disebutkan dari negara mana mereka berasal.

"Keduanya kini menjalani isolasi dan dirawat di bawah pengawasan petugas medis," bunyi pernyataan itu.

Sebanyak 66 orang yang melakukan kontak dengan mereka terlacak dan semuanya dinyatakan negatif, katanya.

Nepal baru-baru ini melarang pelancong dari delapan negara Afrika dan Hong Kong di tengah kekhawatiran varian Omicron.

Omicron di Thailand


Kasus Covid-19 pertama varian Omicron muncul di Thailand, yakni pada seorang warga negara Amerika Serikat yang tiba dari Spanyol pada 29 November lalu, kata pejabat kesehatan, Senin.

Kasus tersebut menjadikan Thailand negara ke-47 yang melaporkan varian baru Omicron, kata Dirjen Departemen Pengendalian Penyakit Opas Karnkawinpong saat konferensi pers.

"Kasus terkonfirmasi pertama varian Omicron ditemukan pada pria Amerika Serikat berusia 35 tahun yang tinggal di Spanyol selama setahun," katanya dan menambahkan bahwa pasien mengalami gejala ringan.

Opas menuturkan otoritas kesehatan sedang melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengannya, namun menurutnya hingga saat ini semua kontak berisiko rendah. (Reuters/Tempo))

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel