-->

Inilah 3 Kunci Strategi Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Tekuk Malaysia 4-1

Inilah 3 Kunci Strategi Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Tekuk Malaysia 4-1.lelemuku.com.jpg

SINGAPURA, LELEMUKU.COM - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji penampilan pemainnya yang berhasil meraih kemenangan melawan Malaysia di laga akhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, MInggu, 19 Desember 2021. Skuad Garuda mengalahkan Tim Harimau Malaya dengan skor 4-1. "Saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pemain," ujar Shin pada sesi konferensi pers virtual.

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal pertandingan. Dalam sepuluh menit pertama, kedua tim saling menyerang secara bergantian. Berulang kali, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawannya mencoba melancarkan serangan balik tetapi berhasil digagalkan.

Malaysia mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-13 melalui Kogileswaran Raj yang melakukan tembakan dari luar kotak penalti. Gol itu terjadi karena antisipasi yang kurang sempurna yang dilakukan Irfan Jaya. Dia mencoba membuang bola, tetapi bola mengarah ke Raj.

Shin Tae-yong mengaku telah mengingatkan pemainnya untuk tidak menyerah ketika kebobolan lebih dulu. Ia pun meminta pemain tetap menjalan strategi yang telah dibuat selama latihan meski dalam kondisi tertinggal. "Sebelum pertandingan ada pertemuan bersama tim. Saya sampaikan walaupun kebobolan lebih dulu harus tetap sabar dan kita harus tetap menjalankan taktik yang telah ditentukan," ujar mantan pelatin Timnas Korea Selatan ini.

Dalam setiap latihan dan rapat, Shin memotivasi kepada para pemainnya untuk tetap percaya diri dan berani berduel dengan pemain lawan. Ia pun terus memupuk mental tak mudah menyerah agar pemain tetap berjuang selama 90 menit. "Saya liat pemain mulai berani duel untuk merebut bola dan pemain muda semakin lama semakin berkembang dan saya sangat senang," ujar dia.

Shin Tae-yong mengaku tidak akan pernah duduk di bench selama 90 menit pertandingan. Ia ingin menghargai perjuangan anak asuhnya dengan terus memberikan arahan dari pinggir lapangan. "Selama menjadi pelatih tidak pernah duduk sekali pun di bench. Selama 90 menit pemain telah bekerja keras begitu juga saya harus menunjukan kerja keras saya dengan terus memotivasi dari pinggir lapangan," ujar dia.

Mengenai perubahan taktik melawan Malaysia, Shin menyebutkan strategi itu adalah bagian dari caranya membuat lawan kesulitan menganalisis permainan timnas. Perubahan taktik itu bakal dibuat secara bertahap karena bisa membuat pemain ikut kesulitan menjalankan instruksi pelatih. Ia tetap memiliki skema permainan dasar yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan tim. "Perubahan bisanya terjadi ketika ada pemain yang absen dan tergantung menghadapi tim yang mana," ujar dia.

Pemain timnas Indonesia, Pratama Arhan menyambut gembira lolosnya Tim Merah Putih ke babak semifinal Piala AFF. "Saya ucapkan puji syukur diberi kemenangan bersama tim, kami dipertandingan selanjutnya bakal kerja keras untuk melaju ke final," ujar dia.

Dengan kemenangan ini Timnas Indonesia menjadi juara Grup B. Skuad Garuda mengumpulkan 10 poin, sama dengan Vietnam yang menang 4-0 atas Kamboja pada pertandingan akhir babak penyisihan grup yang berlangsung dalam waktu bersamaan. Skuad Garuda memimpin klasemen grup dengan keunggulan selisih gol dari juara bertahan Vietnam.

Dengan hasil tersebut, timnas Indonesia akan bertemu dengan runner up Grup A, Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Sementara Vietnam menghadapi Thailand yang menjadi juara grup A. (Irsyan Hasyim| Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel