-->

Akmal Malik Apresiasi Sikap Sulawesi Selatan Ikuti Instruksi Joko Widodo

Akmal Malik Apresiasi Sikap Sulawesi Selatan Ikuti Instruksi Joko Widodo.lelemuku.com.jpg
MAKASSAR, LELEMUKU.COM – Sebanyak 306 Pejabat Struktural Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dilantik menjadi pejabat fungsional, di Kantor Gubernur Provinsi Sulsel, Senin, 27 Desember 2021. Pelantikan dipimpin langsung Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Pelantikan dilakukan setelah melalui proses tahapan persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan nomor 800/8134/otda tanggal 9 Desember 2021, dengan memperhatikan pertimbangan teknis dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/712/M.SM.02.00/2021 tanggal 7 Desember 2021.

Pelantikan pejabat fungsional ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden, yang menginginkan paling lambat 31 Desember 2021, pelaksanaan pemerintahan yang sebelumnya terdiri dari lima level menjadi dua level saja.

Berdasarkan evaluasi Kemendagri, Sulsel termasuk pemerintah provinsi yang cepat merespon perintah Presiden tersebut. Hal ini terbukti dengan dilantiknya 306 pejabat administrasi menjadi pejabat fungsional, sehingga struktur organisasinya lebih sederhana.

Atas capaian tersebut, Kemendagri memberi apresiasi yang tinggi kepada Plt Gubernur Sulsel beserta seluruh jajarannya, atas komitmen dan kerja keras dalam melaksanakan penyetaraan jabatan struktural ke fungsional.

“Kami (Kemendagri) memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas komitmen dan kerja kerasnya dalam menjalankan perintah Presiden,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/12/2021).

Dengan dilantiknya pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan, diharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Sulsel dapat memiliki kemampuan untuk merespon dan beradaptasi dengan cepat terhadap keadaan yang terus berubah. Dengan begitu, proses pelayanan dan pengambilan keputusan semakin cepat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif dan efisien.

“Kepada gubernur dan bupati/wali kota yang belum melantik, untuk segera melakukan pelantikan terhadap pejabat administrasi yang telah mendapat persetujuan penyetaraan jabatan dari Mendagri paling lambat 31 Desember 2021,” pesan Akmal.

Sementara, Andi Sudirman, mengatakan, Sulsel adalah provinsi kedua di Indonesia yang melaksanakan isntruksi presiden terkait peralihan ini.

“Ini sesuai dengan instruksi Bapak Presiden RI Joko Widodo dan Sulsel sebagai provinsi kedua se Indonesia yang melaksanakannya,” kata Andi Sudirman.

Ia juga berterima kasih kepada Kemendagri atas apresiasi yang diberikan kepada Sulsel. “Terima kasih tentunya, kami ucapkan kepada Dirjen Otda Bapak Drs Akmal Malik MSi yang telah memberikan apresiasi,” ucapnya.

Ia menegaskan, peralihan jabatan struktural ke fungsional ini juga sebagai upaya penyederhanaan sistem birokrasi sekaligus penguatan profesional ASN.

“Penguatan profesional ASN dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam upaya pelayanan masyarakat,” imbuhnya. (humassulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel