-->

Herry Ario Naap dan Tony Tesar Temui Pemuda Wilayah Saereri


BIAK, LELEMUKU.COM - Pemuda di wilayah Saereri diminta wajib bersatu. Hal itu seperti terungkap dalam temu pemdua Saereri yang diprakarsai oleh Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI), di Gedung Darma Wanita Biak, Rabu (27/10).

Kegiatan yang digelar sebagai rangkaian dari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2021 ini dihadiri langsung oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd dan Bupati Kepulauan Yapen Tony Tesar, Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Ketua DPRD Biak Numfor, pejabat sejumlah pelajabat terkait lainnya.

Bupati Herry Ario Naap mengatakan, pemuda Saereri harus solid dan bersatu untuk melakukan perubahan-perubahan besar, secara khusus  untuk kemajuan pembangunan di wilayah Saereri.  “Pemuda harus berpartisipasi aktif dan mendukung program-program demi kemajuan wilayahnya, kritis yang disertai referensi atau data akurat serta solusi penting sekali sebagai bagian dari masukan ke pemerintah,” imbuhnya ketika membuka kegiatan sekaligus sebagai pameteri di Temu Pemuda Wilayah Saereri.

Temu pemuda yang mengangkat tema “Soliditas Pemuda Keutuhan Saereri” dihadiri langsung oleh jajaran pengurus KNPI, dan OKP dari keempat kabupaten yang ada di wilayah adat Saereri, masing-masing dari Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Supiori dan Kabupaten Waropen. Selain kedua bupati, juga hadir Ketua DPRD Biak Numfor, Ketua DPRD Kepulauan Yapen dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Kepulauan Yapen, Tony Tesar lebih banyak menyampaikan tentang perlunya dukungan semua pihak tentang percepatan dan pemerataan pembangunan melalui pemekaran Provinsi Papua. Ia menyatakan, bahwa pembentukan daerah otonom baru (DOB) untuk pemekaran provinsi di Papua perlu dilakukan.

Hanya saja, kata Bupati Tony Tesar, dalam agenda-agenda di DPR RI termasuk dalam RUU yang rencananya akan dibahas hanya wilayah Teluk Cenderawasih atau wilayah Adat Saereri belum masuk dalam agenda. Untuk itu, maka Ia menilai semua pihak terkait, termasuk didalamnya pemuda perlu memberikan dukungan serius terhadap pembentukan satu provinsi baru, yakni di wilayah Adat Saereri.

 “Kita perlu mendorong pemerintah pusat supaya ikut memasukan wilayah Adat Saereri masuk dalam agenda yang akan dibahas di DPR RI untuk selanjutnya ditetapkan jadi satu DOB, sebab jika tidak maka kita di wilayah Adat Saereri yang tertinggal dan wilayah adat lainnya terbentuk menjadi DOB, kalau kita tidak masuk dalam agenda maka akan bergabung ke wilayah adat lainnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Kepulauan Yapen juga memberikan apresiasi terhadap Bupati Biak Numfor Herry Naap yang terus membangun komunikasi ke pemerintah pusat dalam membantu mempercepat pembangunan di Kabupaten Biak Numfor khususnya dan wilayah Teluk Cenderawasih pada umumnya.

“Saya mengapresiasi Adinda Bupati Biak Numfor yang begitu gencar membangun komunikasi ke pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan, khususnya lagi dalam mengalang investor dan kementerian terkait. Ini tidak mudah, tidak gampang menteri datang disuatu kabupaten, dan Adinda Bupati bisa melakukan itu bahkan mendatangkan 4 menteri sekaligus, termasuk Menko Marves,” ujar Tonny Tesar di depan para pemuda.

Dalam kesempatan itu, baik Bupati Biak Numfor maupun Bupati Kepulauan Yapen juga menyampaikan tentang potensi dan sumber daya alam yang dimiliki wilayah Saereri, termasuk kebijakan dan program yang akan dilakukan pemerintah kedepannya. (HumasBiakNumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel