-->

Asesmen Nasional Dorong Perbaikan Mutu Pendidikan di Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Santo (St) Paulus Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Bruno Mampesi, S.Pd mengungkapkan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) berjalan lancar pada Senin, 4 Oktober hingga Rabu, 6 Oktober 2021.

“Pelaksanaannya secara mandiri dan semi online berjalan sesuai, tidak ada kendala yang terlalu siqnifikan dan lancar,” ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Kamis, 7 Oktober 2021.

Ia mengatakan AN merupakan pengganti Ujian Nasional (UN) atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Tujuan utama AN adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di Indonesia dengan tidak mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, melainkan berfungsi untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

“Nama peserta asesmen diacak langsung oleh Kemendikbud Ristek, SMP Paulus ditetapkan 50 siswa, diantarnya 45 inti dan 5 cadangan,” ujarnya.

Mampesi berharap hasil dari AN tersebut dapat disampaikan kepada satuan pendidikan, sehingga dapat menjadi potret pendidikan SMP St. Paulus dalam menyusun langkah strategis pengembangan pendidikan ke depan.  

“Semoga hasil asesmen dapat diumumkan oleh kementerian, supaya kami bisa melihat potret pedidikan di SMP Paulus seperti apa,” harap dia.

Ada beberapa sekolah yang pelaksanaan AN menumpang di SMP St. Paulus Saumlaki, yaitu SMP Xaverius Olilit Timur, SMP Kristen Batu Putih, SD Inpres Saumlaki, dan SD Naskat I St Teresia Wowonda. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel