-->

Andi Sudirman Hadiri Penyulutkan Api Obor Tanda Dimulainya PON XX Papua

Andi Sudirman Hadiri Penyulutkan Api Obor Tanda Dimulainya PON XX Papua.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, dan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, menghadiri undangan perjamuan makan malam PON XX Papua di Gedung Negara Provinsi Papua, Jumat, 1 Oktober 2021. Andi Sudirman hadir mengenakan batik berwarna merah bata dengan corak kapal phinisi dan huruf lontara.

Jamuan ini juga sebagai bentuk penyambutan tuan rumah Papua kepada seluruh atlet yang bertanding. “Kita sangat berterima kasih karena tuan rumah menyambut atlet kita dengan sangat baik,” kata Andi Sudirman.

Dalam acara ini juga sekaligus dilakukan penyerahan api PON dari Duta PON Papua, yakni Boaz Salosa, Raema Lisa Rumbewas, Rafi Ahmad, kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe. Andi Sudirman bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan sejumlah kepala daerah lain mendapatkan kehormatan untuk mendampingi Lukas yang juga Ketua Umum PON XX Papua, menyulut api PON sebagai tanda dimulainya PON di Bumi Cendrawasih ini.

Kirab api PON XX 2021 dilepas dari Kabupaten Sorong, Papua Barat, melewati wilayah adat di Papua, tujuan akhirnya ke Jayapura.

Lukas Enembe menyampaikan, tuan rumah mempersiapkan dengan baik segala pelaksanaan termasuk infrastruktur pendukung.

“Papua siap, Papua bagian dari Indonesia. Selamat datang seluruh kontingen dan selamat menikmati keindahan alam Papua,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, menyebutkan, jadwal pelaksanaan PON yang sempat diundur menuai pro dan kontra. Dengan kerja keras dari Papua bertekad untuk menyukseskan acara ini, sehingga dapat dilaksanakan.

“Ini berbeda karena dilaksanakan di masa sulit pandemi Covid-19. Kita punya pengalaman Olimpiade Tokyo bisa berjalan dengan penerapan protokol dan berjalan dengan baik. Karena ini tekad kita bersama, mari kita jadikan pekan olahraga ini sebagai pemersatu bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia berharap pemerintah pusat menjadikan Papua sebagai pusat pembinaan olahraga prestasi untuk Indonesia Timur. “Bahkan pelatnas dapat dilakukan di Papua, fasilitasnya luar biasa,” ujarnya. (humassulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel