-->

Tanimbar Jadi Lokus Desa Sejahtera Astra Tahun 2021 di Maluku


SAUMLAKI, LELEMUKUCOM – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Salvin Solarbesain mengungkapkan sebanyak 6 desa menjadi sasaran program Desa Sejahtera Astra (DSA) Tahun 2021.

Keenam desa di Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut) dan Wuarlabobar yang terpilih dengan fokus produk unggulan Desa Rumput Laut adalah Desa Lelingluan, Ridol, Ritabel, Kelaan, Lamdesar Barat, dan  Awear Rumngeur.

“Kamis, 22 Juli 2021, Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon telah menandatangani Perjanjian Kerja Bersama antara Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Kemendes PDTT, Pemda Tanimbar dan PT. Astra Internasional TBK,” ungkap dia pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Solarbesain mengatakan program DSA merupakan bagian dari program CSR PT. ASTRA dibidang Kewirausahaan berupa pengembangan kewirausahaan berbasis masyarakat desa dengan tujuan mengoptimalkan potensi lokal yang menjadi produk unggulan desa dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa.

Ia menambahkan Astra mempercayakan Ocean Fresh untuk melakukan pendampingan dan pelatihan kepada 6 desa sasaran penguatan Lembaga Kewirausahan Desa (BUMDes), pengembangan Produk Unggulan Desa (Rumput Laut), Fasilitasi akses permodalan dan pemasaran Rumput Laut, dan Pengembangan Inovasi Tepat Guna.

“Tanimbar jadi satu-satunya lokus baru DSA di Maluku tahun ini. Semoga program ini membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” harap Solarbesain. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel