-->

Inilah Perbedaan Antara Latihan Kebugaran Tai Chi dan Yoga

Inilah Perbedaan Antara Latihan Kebugaran Tai Chi dan Yoga.lelemuku.com.jpg
Latihan Kebugaran - Pexels

 JAKARTA, LELEMUKU.COM - Banyak olahraga yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Anda bisa pergi ke gym, bersepeda atau berjalan kaki di sekitar kompleks perumahan. Tapi jika Anda ingin olahraga disertai perbaikan kesehatan mental, Tai chi dan yoga merupakan pilihan yang tepat.

Tai chi dan yoga memiliki kesamaan yang berfokus pada aliran, gerakan terkontrol yang selaras dengan pernapasan Anda. Bersifat meditatif dan memiliki manfaat menurunkan tekanan darah, mengurangi depresi, stres serta kecemasan. Kedua latihan ini dapat meningkatkan keseimbangan tubuh Anda. Namun, meskipun tai chi dan yoga menawarkan banyak manfaat yang sama, kedua latihan ini memiliki gaya yang berbeda.

Tai chi berasal dari Tiongkok sementara yoga berasal dari India. Keduanya merupakan latihan kebugaran yang berasal dari dua peradaban kuno di Timur.  “Tai Chi menggunakan bentuk atau urutan yang telah ditentukan sebelumnya yang berfokus pada gerakan yang mengalir dan terkontrol; sikap yang berbeda; postur optimal; dan gerakan ekstremitas atas dan bawah yang berirama,” kata Prentiss Rhodes, pelatih pribadi bersertifikat National Academy of Sports Medicine (NASM) dan spesialis latihan korektif. Latihan ini memberi penekanan besar pada pernapasan Anda saat bergerak.

Sedangkan Yoga juga berfokus pada gerakan yang mengalir dan terkontrol yang disinkronkan dengan pernapasan Anda, tetapi Rhodes menjelaskan bahwa kedua latihan tersebut dilakukan secara berbeda. “Sementara yoga memiliki beberapa aspek aliran, terutama jika seseorang mempraktikkan gaya Vinyasa,” kata Rhodes, Tai Chi lebih dinamis, lebih berfokus pada bersepeda melalui postur santai daripada memegang posisi tertentu. Karena itu, Tai Chi cenderung tidak membuat otot Anda sakit daripada yoga. Tentu saja, ada banyak aliran yoga yang lembut dan latihan Tai Chi yang lebih intensif secara fisik — tetapi rata-rata, antisipasi lebih banyak keringat selama kelas yoga.

“Baik yoga dan Tai Chi bersifat meditatif, membutuhkan fokus, dan membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh,” jelas Rhodes. “Kedua sistem menggunakan pernapasan terkoordinasi saat dilakukan.” Anda tidak perlu banyak ruang untuk salah satu dari latihan gerakan ini. Kedua bentuk latihan tersebut berdampak rendah dan akan sangat mudah dilakukan pada persendian Anda.

Ini bukan hanya tentang kesamaan di antara praktiknya, tapi juga tentang manfaatnya. Tai Chi dan yoga telah terbukti membantu tekanan darah tinggi dan mengurangi depresi, stres, dan kecemasan. Kedua latihan ini juga dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi seluruh tubuh, dan kemampuan Anda untuk menyelaraskan napas dengan gerakan Anda, Rhodes menjelaskan.

Bingung harus memilih Tai Chi atau yoga? Keduanya cukup saling melengkapi. Anda dapat mengunjungi studio senam terbaik dan berkonsultasi manakah latihan yang paling tepat untuk Anda dan yang paling disukai. (Siti Hajar Suwardi| Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel