-->

Petrus Fatlolon Instruksikan Kades Dukung Podes Tahun 2021


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon menginstruksikan seluruh Camat, Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa untuk mendukung pelaksanaan Pendataan Potensi Desa (Podes) Tahun 2021.

Pendataan itu dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyasar semua desa, kelurahan, kecamatan serta kabupaten dan kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 2 Juni hingga 30 Juni 2021.  

“Podes 2021 ini bertujuan sebagai dasar dalam rangka  perencanaan pembangunan wilayah, mengetahui potensi wilayah setingkat desa dan kelurahan,” ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Selasa, 15 Juni 2021.

Fatlolon mengatakan pendataan dilakukan untuk melihat sejauh mana pencapaian pembangunan yang ada di masing-masing daerah, utamanya di desa sebab gerakan pembangunan desa ditujukan untuk mendukung pelaksanaan Undang-Undang (UU) Desa.

Menurutnya secara khusus kegiatan itu guna menyediakan data yang dapat mendukung perencanaan kegiatan Sensus Pertanian tahun 2023, sebagai sarana updating Master File Desa (MFD) yang ada di BPS, menyediakan data penyusunan berbagai analisis seperti identifikasi.

Penentuan desa tertinggal, desa rawan bencana, dan identifikasi desa yang mempunyai kesulitan geografis, menyediakan data bagi penghitungan indikator-indikator pembangunan atau kemajuan desa.

“Ini indikator pembangungan terhadap kemajuan desa dan kelurahan seperti index kesulitan geografis dan index desa,” kata Fatlolon.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk menyukseskan Podes tahun 2021 dengan terima dan memberikan jawaban yang benar kepada setiap petugas BPS yang berkunjung.

“Mari terima petugas BPS yang akan berkunjung ke wilayah kita maising-masing untuk Tanimbar yang maju, Maluku yang sejahtera dan Indonesia yang lebih baik,” ajak dia. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel