-->

Muhammad Qodari Sebut Alasan Lahirnya Relawan Jokowi - Prabowo 2024

Muhammad Qodari Sebut Alasan Lahirnya Relawan Jokowi - Prabowo 2024.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, menjelaskan alasan terbentuknya relawan atau Komunitas Jokowi-Prabowo 2024. Menurut Qodari, hal ini terjadi karena muncul ide dan gagasan dari berbagai kalangan agar Presiden Joko Widodo bisa melanjutkan masa jabatannya sebagai presiden atau menjabat tiga periode.

“Ini dimulai dari Februari-Maret lalu. Ide dilontarkan di berbagai media massa maupun media sosial,” katanya dalam pesan WhatsApp, Jumat, 18 Juni 2021.

Qodari melanjutkan ide itu pun semakin kencang dibahas dengan sejumlah kalangan. Misalnya, kata Qodari, ia bertemu dengan simpatisan Jokowi dalam Pilpres 2019, Baron Danardono Wibowo. Baron, menurut Qodari, juga merupakan ketua salah satu relawan pendukung Jokowi bernama Cabe Rawit.

Qodari juga bertemu dengan Timothy Ivan Triyono, yang ia sebut sebagai mantan aktivis Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Yogyakarta. Qodari menuturkan, setelah berdiskusi dengan keduanya, mereka sepakat untuk membentuk suatu wadah yang belakangan diberikan nama Komunitas Jokowi-Prabowo. “Karena ide itu harus punya kaki berupa organisasi agar bisa disebarkan di seluruh Indonesia,” katanya.

Menurut Qodari, nama Prabowo diambil karena dinilai bisa menyatukan masyarakat yang terbelah akibat Pilkada 2017 – pendukung dan penolak calon Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – dan Pemilihan Presiden 2019. Ketika itu, Jokowi kembali berhadapan dengan Prabowo.

“Solusinya menggabungkan representasi dua tokoh terkuat di Indonesia, yakni Jokowi dan Prabowo,” ujar Qodari.

Komunitas Jokowi-Prabowo 2024 akan menggelar syukuran peresmian sekretariat mereka pada Sabtu, 19 Juni lalu. Dalam Komunitas itu, Qodari menjabat sebagai penasihat. Sedangkan Baron sebagai ketua umum, dan Timothy menjadi sekretaris jenderal.(Hussein Abri | Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel