-->

Hasan Sadili Optimis Perluasan Pelabuhan Saumlaki Rampung di Tahun 2022


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Capt. Hasan Sadili, S.Sit., MM., M.Mar optimis rencana pembangunan perluasan Pelabuhan Saumlaki akan rampung di tahun 2022.

Hal itu berdasarkan pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang telah menganggarkan dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp.6 miliar untuk perluasan area Pelabuhan Saumlaki di tahun 2021.

Anggaran itu ditujukan untuk pembangunan gedung terminal dan perpanjangan dermaga di Pelabuhan Saumlaki dan pengerjaan dijadwalkan berlangsung bulan Juli 2021 dan rampung pada Desember 2021.

Menurut Hasan, tujuan pelebaran pelabuhan adalah untuk meningkatkan pelayanan kapal dan penumpang di Pelabuhan Saumlaki.

"Sekarang ini frekuensi kunjungan kapal di Saumlaki sudah lebih dari 60 kapal tiap bulannya," ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Jumat, 25 Juni 2021.

Hasan menjelaskan Kemenhub di tahun 2022 pun telah menganggarkan sebesar Rp.45,8 miliar untuk Pelabuhan Saumlaki.

Pelayanan Kapal Tol Laut, Keperintisan dan Pembangunan Dermaga serta Gedung terminal merupakan upaya dan perhatian dari pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan ekonomi di pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN) Saumlaki oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut-Kementerian Perhubungan.

Pelabuhan Saumlaki sudah banyak mengalami perubahan dalam sisi pengelolaan bongkar muat, pelayanan Tol Laut, Keperintisan, Kebersihan dan keamanan di lingkungan Pelabuhan.

Tercatat per hari, pelabuhan itu disinggahi oleh dua Trayek Kapal Tol Laut yaitu Trayek T12 yang singgah di Pelabuhan Larat dan T17 yang masuk ke Pelabuhan Saumlaki.

Selain tol laut, Pelabuhan Saumlaki juga dikunjungi oleh 16 trayek kapal perintis yang terdiri dari delapan trayek pangkalan Saumlaki dan delapan trayek lainnya dari kapal perintis pangkalan Ambon, Tual dan Kupang. 


“Juga kedatangan tiga trayek kunjungan dari kapal PSO PT. Pelni sehingga jumlah kapal penumpang yang masuk dipelabuhan Saumlaki sudah 19 kapal," tutup Hasan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel