-->

Lonjakan Kasus Corona di India Capai 400,000 Kasus Harian

Lonjakan Kasus Corona di India Capai 400,000 Kasus Harian.lelemuku.com.jpg

NEW DELHI, LELEMUKU.COM - Lonjakan kasus virus corona Covid-19 di India semakin memburuk dari hari ke hari, dan negara itu baru saja mencapai rekor baru yang suram. India melaporkan rekor tertinggi 401.993 kasus baru Covid-19 pada hari Sabtu, 1 Mei 2021. Tidak ada negara lain yang melewati 400.000 kasus harian.

Krematorium di seluruh India dipenuhi dengan mayat. Pasien terengah-engah dan sekarat karena rumah sakit kehabisan oksigen. Negara itu telah melaporkan lebih dari 300.000 kasus baru setiap hari selama sembilan hari berturut-turut sebelum mencapai angka 400.000.

India juga melaporkan lebih dari 3.500 kematian pada hari Sabtu - hari keempat berturut-turut jumlah kematian telah melampaui 3.000. Angka-angka itu kemungkinan besar di bawah jumlah sesungguhnya. Investigasi New York Times yang diterbitkan minggu ini menemukan bukti yang semakin banyak yang menunjukkan bahwa korban jiwa sedang diabaikan atau diremehkan oleh pemerintah.

"Dari semua pemodelan yang kami lakukan, kami yakin jumlah kematian sebenarnya adalah dua hingga lima kali lipat dari yang dilaporkan," kata Bhramar Mukherjee, seorang ahli epidemiologi di Universitas Michigan, kepada Times.

Para ahli yang diwawancarai oleh Reuters menyatakan jumlah kematian bahkan bisa antara lima hingga 10 kali lebih tinggi dari yang dilaporkan. Perdana Menteri India Narendra Modi belum menanggapi tuduhan tersebut.

"Ini akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," kata Ashish Jha, seorang dokter dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Brown, tentang wabah India di Twitter pada hari Sabtu.

Varian virus korona yang menyebar dengan cepat mungkin adalah penyebab terbesar gelombang baru India yang mengerikan. Tetapi sejumlah faktor lain juga berkontribusi pada penyebarannya: pertemuan sosial besar-besaran, peluncuran vaksin yang lambat, dan sistem perawatan kesehatan yang sangat tidak siap untuk masuknya pasien.

"Ini adalah kegagalan kebijakan kolektif dan mengejutkan," tulis Jha di Hindustan Times pada hari Sabtu, di mana dia menguraikan langkah-langkah yang dia yakini harus diambil India dengan segera dan efektif.

Jha mengatakan pihak berwenang India harus bergerak cepat untuk menghentikan pertemuan di dalam ruangan, menerapkan mandat masker nasional, meningkatkan pengujian, meningkatkan pasokan obat-obatan dan oksigen, meningkatkan upaya vaksinasi, dan melakukan lebih banyak pengurutan genom untuk melacak varian Covid-19.

"Mei akan menjadi mengerikan di India. Juni akan sulit. Jika kita mengambil langkah-langkah yang diuraikan di sini, kita akan melihat kemajuan nyata pada Juni, dan, pada Juli, segalanya mungkin jauh lebih baik," katanya. "Tapi jika kita melakukan hal-hal ini dengan setengah hati sekarang, mimpi buruk yang dialami India sekarang akan bertahan lebih lama."

AS, yang awal pekan ini berjanji untuk membantu India memproduksi lebih banyak vaksin, memberlakukan pembatasan perjalanan baru di negara itu karena lonjakan virus corona. Pergerakan hari Jumat untuk sementara melarang sebagian besar warga negara non-AS memasuki Amerika Serikat. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel