-->

Gerhana Bulan Merah Super Bisa Disaksikan di Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Gerhana super blood moon atau bulan merah super dapat terlihat di hampir seluruh Indonesia, diperkirakan juga akan terlihat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Rabu, 26 Mei 2021.

“Bisa terlihat, tergantung liputan awannya,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Mathilda Batlayeri, Andi Ilham Taher, S.T kepada Lelemuku.com.

Ia mengatakan Gerhana Bulan Total (GBT) sangat spesial, karena beriringan dengan terjadinya perige, yaitu ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi.

Lebar sudutnya yang lebih besar 13,77 persen dibandingkan dengan ketika berada di titik terjauhnya, kecerlangannya 15,6 persen lebih terang dibandingkan dengan rata-rata dan 29,1 persen lebih terang dibandingkan dengan ketika apogee.

“Bulan akan tampak merah karena pembiasan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi. Oleh karenanya, GBT kali ini disebut juga bulan merah super atau super blood moon,” kata Andi.

Sebelumya BMKG melaporkan sebagian besar wilayah Indonesia bisa mengamati GBT yang hanya terjadi setiap 195 tahun tersebut dengan waktu pengamatan berbeda karena factor wilayah dengan 7 fase, diantaranya gerhana mulai (P1), gerhana sebagian mulai (U1).

Gerhana total mulai (U2), puncak gerhana, gerhana total berakhir (U3), gerhana sebagian berakhir (U4) dan gerhana berakhir (P4) sekitar pukul 18.18 WIB, 19.18 WITA dan 20.18 WIT. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel