-->

Victor Rahankoly Ajak Masyarakat Tanimbar Tukar Uang Rp.75 Ribu


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Bank Maluku dan Maluku Utara (Malut) Cabang Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Victor Melkias Rahankoly mengajak seluruh masyarakat Tanimbar untuk menukarkan uang pecahan special Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 Tahun.

Bank Maluku dan Malut Saumlaki sebagai pengelola Kas Titipan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Maluku  sejak Bulan Oktober 2017 itu mendapatkan uang pecahan Rp.75 ribu sebanyak Rp.3 miliar.

Ia mengatakan BI telah membuka kesempatan bagi masyarakat memiliki sebanyak-banyaknya Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI dengan menerapkan syarat 1 KTP berlaku untuk penukaran maksimal 100 lembar per hari.

“BI kini permudah setiap masyarakat, sehingga kami telah bermohon kepada BI Maluku untuk mendapatkan stok Rp.75 ribu sebanyak Rp.3 miliar,” ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Rabu, 28 April 2021.

Rahankoly  menjelaskan dari sebanyak Rp.3 miliar stok uang pecahan itu akan didistribusikan ke empat bank peserta di Tanimbar, diantaranya pihaknya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Saumlaki, Bank Negara Indonesia (BNI) KCP Saumlaki dan Bank Mandiri KCP Saumlaki.

“Kami akan distribusikan ke empat bank peserta di Tanimbar, termasuk Bank Maluku sebagai bank pengelola dan bank peserta,” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan UPK 75Tahun RI yang dikeluarkan pada 17 Agustus 2020 merupakan alat pembayaran yang sah atau legal tender di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Hal tersebut telah diatur dalam Perturan BI Nomor 22/11/PBI/2022 tentang 'Pengeluaran Uang Rupiah Khusus'.

“Masyarakat yang telah melakukan penukaran UPK 75 Tahun RI dapat kembali dan terus melakukan penukaran,” ajak dia.

Lima hal yang bisa dilakukan dengan UPK 75 Tahun RI, yaitu berbelanja memenuhi kebutuhan, Tunjangan Hari Raya (THR) saat lebaran, mahar pernikahan, media pengenalan kebudayaan dan disimpan sebagai koleksi. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel