-->

Polikarpus Lalamafu Pastikan Universitas Lelemuku Saumlaki Siap Terwujud


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Polikarpus Lalamafu mengungkapkan pihaknya saat ini sedang merencanakan pembangunan lembaga menjadi tingkat universitas.

“Pengembangan lembaga ini oleh pendiri sudah direncanakan pada tingkat universitas. Dalam undang-undang penyelenggaraan pendidikan itu tingkatannya mulai dari akademi, sekolah tinggi, institute dan universitas,” ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Jumat, 23 April 2021.

YPT-RLS saat ini sudah ada pada penyelenggaraan pendidikan akademik, diantaranya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Saumlaki (STIESA), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Saumlaki (STIAS) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) serta vokasi ada pada program studi (Prodi) Akuntansi STIESA.

Pihaknya sedang mempersiapkan prodi Bahasa Indonesia di STKIP dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum. Dalam waktu dekat Yayasan Lelemuku sudah mempunyai empat perguruan tinggi.

“Kami usulkan bergabung menjadi satu universitas, yaitu universitas lelemuku,” ujar Lalamafu.   

Ia mengatakan dalam usulan peningkatan lembaga, Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDikti) Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara (Malut) telah melakukan visitasi terkait kelengkapan dokumen dan kebenaran dokumen serta telah mengeluarkan rekomendasi penyelenggaran prodi baru dan Ilmu Hukum.

Terkait dengan itu, Lalamafu mengaku pihaknya mendapat prioritas dan  keringanan dari pemerintah pusat karena berada di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T), sehingga mendapatkan insentif pemerintah.

“Rekomendasi sebagai syarat untuk kami mengajukan ke kemendikbud RI lewat dikti untuk mendapatkan akun dan password agar bisa mengupload lebih lanjut semua dokumen yang sudah visitasi oleh LLDikti,”  kata Lalamafu.

Ia pun menargetkan semua persiapan dapat terselesaikan dalam waktu dekat agar bisa mendapatkan ijin operasional sebelum memasuki tahun akademik 2021/2022 pada bulan Agustus 2021.

“Berharap universitas itu sudah bisa ada dan penerimaan mahasiswa untuk ke prodi bahasa indonesia dan ilmu hukum, yang bisa disertakan pada tahun ini,” tutup lalamafu. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel