-->

Suriel Mofu Nilai Bandar Antariksa Akan Ciptakan Peluang Emas dan Pembangunan di Biak Numfor

Suriel Mofu Nilai Bandar Antariksa Akan Ciptakan Peluang Emas dan Pembangunan di Biak Numfor.lelemuku.com.jpg

BIAK, LELEMUKU.COM - Rencana pembangunan Bandar Antariksa di Kabupaten Biak Numfor oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dinilai akan menciptakan peluang besar terhadap kemajuan pembangunan di berbagai sector (akan terjadi multi efek). Jika pembangunan Bandar Antariksa itu terwujud diyakini akan menciptakan peluang berkembangnya berbagai sector pembangunan di Kabupaten Biak Numfor. 

Salah satunya seperti dikemukakan oleh Koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua – Papua Barat Dr Suriel S.Mofu,S.Pd.,M.Ed.TEFL.,M.Phil. Bahkan Suriel Mofu menyatakan, kalau pembangunan Bandar Antariksa itu terwujud dan jadi di Kabupaten Biak Numfor  akan menciptakan peluang emas terhadap kemajuan pembangunan disejumlah sector. 

“Ini adalah peluang emas yang kita harus tangkap, keberadaan Bandar Antariksa akan memjawab dan menciptakan peluang besar untuk kemajuan di berbagai sector, di Kabupaten Biak Numfor, akan terjadi multi efek diberbagai sektor. Hampir semua bagian akan bertumbuh kembang untuk kemajuan daerah ini. Tinggal bagaimana kita menyiapkan diri untuk menyambut peluang itu,” ujarnya. 

Menurut  Suriel Mofu, peluang-peluang  yang bakal diciptakan seperti akan terjadi pertumbuhan sector pariwisata (kunjungan wisatawatan dan sejumlah infratrukturnya, pertumbuhan Hotel sebagai tempat peninganapan, kuliner dan sejumlah lainnya), pembangunan infrastruktur (salah satunya jalan-jalan utama yang statusnya telah ditingkatkan jadi jalan nasional terkait dengan rencana pembangunan Bandar Antariksa dimaksud), peluang untuk dibukanya kembali penerbangan Internasional. 

Selain itu, dampak terhadap pertumbuhan ekonomi diberbagai sector, peluang kerja diberbagai sector (tidak hanya di Bandar Antariksa) namun sector lainnya yang akan dipengaruhi juga akan bertumbuh kembang sehingga akan menciptakan lapangan pekerjaan untuk jangka panjang, kesejahteraan masyarakat, sector pendidikan dan sejumlah lainnya.

“Jadi kita jangan melihat sempit di Bandar Antariksa, namun mari kita melihat dari dampak besarnya yang menciptakan peluang besar diberbagai sector untuk kemajuan kita di Kabupaten Biak Numfor. Tinggal bagaimana kita menangkap peluang ini untuk kemajuan daerah, untuk kemajuan masyarakat Biak Numfor, untuk kita semua,” tandasnya. 

Suriel Mofu Nilai Bandar Antariksa Akan Ciptakan Peluang Emas dan Pembangunan di Biak Numfor.lelemuku.com.jpg

“Saya hanya kembali mengingatkan, seperti ketika tampil sebagai pemateri di Seminar Bandar Antariksa, bahwa jangan kita bangga atau terlalu melihat di masa lampau, tertalu memikirkan hal-hal yang masih jauh kedepan, tapi saya mengajak kita untuk melihat apa yang ada sekarang ini, kita kerjakan apa yang ada, kita melihat peluang yang ada, kalau untuk kemajuan kita lalu kenapa kita tidak tangkap, ini momentumnya dan peluang besar,” lanjutnya. 

Sekedar diketahui seminar tentang rencana pembangunan Bandar Antariksa di Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, secara virtual berlangsung sukses, di Gedung Wanita Biak, Jumat (9/4). Seminar itu dibuka dan ditutup langsung oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd dan dihadiri semua unsur masyarakat dari berbagai komponen.

Pada dasarnya seminar yang menghadirkan para pemateri yang pakar di bidangnya mendapat respon dari peserta, bahkan peserta, pamateri (termasuk pemateri pembanding) dan penanya pada dasarnya sepakat mendukung pelaksanaan pembangunan Bandar Antariksa di Biak dengan catatan. 

Mereka menilai bahwa, kebaradaan pembangunan Bandar Antariksa akan membawa dampak multi efek diberbagai sector kemajuan di Kabupaten Biak Numfor. Bahkan sejumlah program percepatan pembangunan diberbagai sector juga dipastikan akan mengalami perubahan lebih cepat.

Sejumlah pamateri yang tampil adalah Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, ahli teknik material yang juga adalah ahli material Prof. Timotius Pasang, Ph.D (guru besar ternama di salah satu Universitas Amerika Serikat dan New Zeland).

Selain itu juga ada nama Kepala Biro Kerja Sama Humas dan Umum Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pusat Ir. Chris Dewanto, M.Eng, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kementerian Maritim dan Investasi Safri Burhanuddin, dan salah satu pemateri dari Bappeda Provinsi Papua.

Suriel Mofu Nilai Bandar Antariksa Akan Ciptakan Peluang Emas dan Pembangunan di Biak Numfor.lelemuku.com.jpg

Tokoh - tokoh intelektual senior asal Biak Numfor yang juga ikut memberikan support ketika tampil sebagai pemateri antara lain; mantan birokrat senior dan ternama asal Biak Dr. Michael Manufandu, Ketua Sinode GKI di Tanah Papua Pdt. Andrikus Mofu, M.Th, Koodinator LLDIKTI Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd., M.Ed. TEFL., M.Phil, mantan Bupati Biak Numfor dua periode Yusuf Melianus Maryen, S.Sos.,MM.  

Selain pemateri juga sejumlah penanya dari kalangan mantan birokrat, intelektual dan mahasiswa juga ikut memberikan saran dan pendapat serta dukungan terhadap rencana pembangunan Bandar Antariksa di Kabupaten Biak Numfor. Dari penanya dimaksud antara lain, mantan birokrat Noak Kapisa, intelektual asal Biak Numfor di Jayapura Isak Rumbarar dan sejumlah nama lainnya. 

Dari kalangan intektual yabg ikut berpatisipassi langsung maupun melalui virtual /meeting  zoom, mantan birokrat senior, bahkan mantan Bupati Biak Numfor, menyatakan; pada dasarnya setuju dengan pembangunan Bandar Antariksa di Kabupaten Biak Numfor. Bahkan mereka menilai, bahwa momentum ini harus dimanfaatkan lalu menyiapkan anak-anak Biak untuk ikut mengambil bagian didalamnya, baik di Bandar Antariksa maupun dari kemajuan sector lainnya dari multi efek dimaksud.

Terkait dengan apa saja yang disampaikan pemateri dalam seminar itu, akan kami sampaikan dalam tulisan-tulisan berikutnya. (humasbiaknumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel