-->

Penalti Messi di Laga Real Madrid vs Barcelona Tuai Kontroversi

Penalti Messi di Laga Real Madrid vs Barcelona Tuai Kontroversi.lelemuku.com.jpg

MADRID, LELEMUKU.COM - Laga El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona menyisakan kontroversi. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengklaim timnya layak mendapatkan hasil imbang 2-2 jika wasit memberikan penalti saat penyerang Martin Braithwaite dilanggar Ferland Mendy pada menit-menit akhir pertandingan.

Pelanggaran tersebut terjadi pada menit ke-83, sebelum Real Madrid bermain dengan 10 orang setelah Casemiro mendapatkan kartu kuning keduanya pada menit ke-90. Braithwaite mengejar bola liar hasil tembakan Ilaix Moriba yang sempat menerpa mistar gawang. Bola menggelinding ke garis gawang sebelah kiri.

Dalam tayangan ulang, tangan Braithwaite memang sempat terlihat ditarik oleh Mendy sebelum dia kemudian terjatuh dan akhirnya tak mampu menggapai bola. Para pemain Barcelona sempat mengajukan protes kepada wasit Jesus Gil Manzano, akan tetapi si wasit tetap pada keputusannya tak memberikan penalti kepada La Blaugrana.

Mantan wasit asal Spanyol, Juan Andujar Oliver, angkat bicara soal keputusan itu. Menurut dia, keputusan yang diambil Manzano benar.

Dia menilai ada sedikit tarikan dari Mendy tetapi hal itu tak cukup kuat untuk menjadi pelanggaran yang berbuah penalti.

"Keputusan wasit tepat," kata Oliver kepada Radio Marca. "Ada sedikit tarikan dari Mendy tetapi tak cukup untuk memberikan penalti."

Sebelumnya Koeman memprotes keputusan Manzano itu. Dia menyatakan timnya bisa mendapatkan hasil imbang jika saja wasit memberikan penalti. Dia pun mempertanyakan kinerja VAR dan hakim garis yang menurut dia seharusnya bisa memberikan masukan kepada Manzano.

"Saya tak mengerti apa yang dilakukan hakim garis yang berjarak hanya 10 meter dari sana. Dari cara jatuhnya Martin, itu seharusnya pelanggaran," kata Koeman.

"Mungkin wasit tak melihatnya, tetapi kita memiliki VAR untuk situasi seperti ini. Sebaiknya saya berhenti berbicara."

Pada laga itu Barcelona memang sempat tertinggal 0-2 terlebih dahulu. Real Madrid unggul cepat lewat gol Karim Benzema pada menit ke-13 dan kemudian disusul gol Toni Kroos 15 menit berselang. Barcelona hanya mampu membalas lewat Oscar Mingueza pada menit ke-60.

Hasil 2-1 pada laga Real Madrid vs Barcelona itu membuat skuad asuhan Zinedine Zidane kini memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan perolehan 66 angka, sama dengan milik Atletico Madrid dan unggul satu angka saja dari Barcelona. Real Madrid bisa mempertahankan posisi itu jika Atletico Madrid dikalahkan Real Betis pada laga malam ini. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel