-->

Fin Watutamata Sediakan Stok Tais Tanimbar Sambut MTQ XXIX


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Pemilik Kios Glora yang beralamat di Tikungan Tanjung Batu, Desa Olilit, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Fin Watutamata memastikan kiosnya mampu menyediakan stok Tenun Ikat atau Tais Tanimbar dalam menyambut momen akbar pelaksanaan Musabaqah Tiliwatil Qu’ran (MTQ) Maluku XXIX pada Bulan Oktober 2021.

Ia menyebutkan Kios Glora selalu menghadirkan kain tenun untuk bahan baju jas, terusan, kemeja, rok, taplak meja, rompi, syal, dompet, tas, sepatu pria dan wanita, satung botol mineral, penutup gelas dan sarung tisu.

Selain itu ada kain tenun yang usianya sangat tua dan terbuat dari kapas, asesoris adat, seperti mas bulan, mas dada, Kmena atau anting-anting, Lelbutir, Belusu atau gelang gading, Marumat atau Kalung Adat.


“Kain tenun disini bisa dibuat apa saja jenis turunan dari produk tenun ini. Kain sarung yang biasa dipakai untuk adat, seperti bahasa Taismatan,” sebut Fin kepada Lelemuku.com pada Jumat, 16 April 2021.

Ia mengungkapkan seluruh pengrajin atau penenun berasal dari Desa Kandar yang berjumlah 100 orang lebih dan pengrajin dari Desa Fursuy di Kecamatan Selaru sekitar 20 orang.


Berbagai motif tenun ditampilkan, seperti motif Kristik, Tenabokbok, Letybokbok, Ulerate, Ngengan Roan. Kemudian motif yang umum dipakai, seperti Lerbutir, Tipa, Tongkol Jangung, Lelemuku atau Anggrek Larat, Bunga Cengkeh dan motif binatang.


“Kios saya ini letaknya sangat strategis di tikungan ya, selain itu banyak sekali permintaan mulai di Tanimbar sendiri hingga dari luar. Kami juga terima pengiriman ke luar daerah,” ungkap Fin.

Ia pun menyakinkan jika kiosnya mampu untuk mensuplai segala kebutuhan terkait pelaksanaan momen keagamaan umat muslim yang akan diselenggarakan di Tanimbar.

“Kain disini banyak, kami dari sekarang sudah siapkan stok permintaan untuk pelaksanaan MTQ, seperti souvenir, oleh-oleh atau asesoris pentas dan asesoris dalam menjamu tamu,” tutupnya. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel