-->

252 Siswa SMK Negeri 6 Tanimbar Ikuti UKK


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Sebanyak 252 siswa Kelas XII di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun Akademik 2020/2021 pada Senin, 26 April hingga Jumat, 7 Mei 2021.

Pelaksanaan UKK mengacuh pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 34 Tahun 2018 tentang ‘Standar Nasional Pendidikan SMK/SMA’.

Kemudian sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang ‘Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dalam masa darurat penyebaran Virus Corona (COVID-19’).

Terutama dalam poin kelima surat tersebut menyatakan UKK merupakan pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang dua atau tiga pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikan.


“Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi,” tambah Kepala SMK Negeri 6 Tanimbar, Astuty Dwiwahyuni kepada Lelemuku.com

Kegiatan pembukaan UKK tersebut dibuka oleh Ketua Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tanimbar dan dihadiri oleh  Sekretaris Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) Frents Watutamata, para penguji dari dunia kerja dan instansi terkait.

Diikuti oleh 252 siswa pada 7 kompetensi keahlian, diantaranya Nautika Kapal Penangkapan Ikan (NKPI) 42 peserta, Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut (APAPL) 18 peserta, Agribsnis Tanaman Pangan dan Hortikuktura (ATPH) 19 peserta.

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 62 peserta, Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 43 peserta, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) 45 peserta dan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) 22 peserta.  (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel