-->

Tugu 99 Sofifi di Perempatan Galala Gambarkan Kearifan Lokal di Maluku Utara

Tugu 99 Sofifi di Perempatan Galala Gambarkan Kearifan Lokal di Maluku Utara.lelemuku.com.jpg

TIDORE, LELEMUKU.COM - Sepanjang Jalan Raya Sultan Nuku atau yang dikenal dengan Jl. KM 40 kini sudah dibangun penataan ruang terbuka area publik "Tugu 99", tepatnya di perempatan Desa Galala, Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan.

Tugu yang dibangun oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Maluku Utara (Malut) ini memiliki daya tarik tersendiri, selain unik juga menggambarkan kearifan lokal.

Tak heran, jika area ini menjadi tempat baru para pengunjung mengabadikan momen untuk dibagikan ke akun media sosial mereka.

"Ini tempat baru untuk kita bisa foto-foto bersama dengan teman-teman. Bagus dan unik," ujar Anita, salah satu warga Sofifi yang sedang mengambil gambar Tugu 99.

Tugu 99 sendiri menggambarkan kearifan lokal di Maluku Utara, dengan berbentuk biji pala. Angka 99 yang tertanam di Tugu itu menggambarkan tahun lahirnya provinsi Maluku Utara yaitu pada 1999.

Kemudian, empat warna yang melekat di setiap tiang itu melambangkan empat Kesultanan di Jazirah Al-Mulk ini yakni Kesultanan Jailolo, Tidore, Ternate, dan Bacan.

"Sementara, tiang yang mengelilingi berbentuk Salawaku dan Parang sudah menjadi ciri khas di Maluku Utara," ucap PPK kegiatan, Lili Fitriani di kantor Disperkim Malut, Sofifi, Selasa (2/3/2021).

Selain Tugu, kegiatan dengan nilai kontrak Rp855 miliar itu juga dibangun taman mini yang dihiasi lampu warna-warnu serta dilengkapi kursi. Lokasinya di seberang jalan Tugu 99, berdampingan dengan SPBU Galala. "Itu bisa menjadi tempat untuk masyarakat bisa santai pada sore maupun malam hari," ujar Lili.

Penanggung jawab kegiatan ini menambahkan, proyek yang dikerjakan oleh CV Permata Karya itu dibangun dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020, dengan masa kerja selama 120 hari kalender. (DiskominfoTidore)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel