-->

Pegawai Direktorat Jenderal Pajak di Kota Jayapura Mengikuti Vaksinasi Covid-19

Pegawai Direktorat Jenderal Pajak di Kota Jayapura Mengikuti Vaksinasi Covid-19

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di Kota Jayapura mengikuti vaksinasi Covid-19 di  Aula Kantor Wilayah DJP Papua dan Maluku. Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan bekerja sama dengan DInas Kesehatan Provinsi Papua. Rabu (24/3/2021) 

Kegiatan vaksinasi Covid-19 dibuka dengan sambutan dari Kepala Kanwil DJP Papua dan Maluku Dr. Arridel Mindra SP.I., M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Arridel Mindra menyampaikan bahwa mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 ini merupakan kewajiban seluruh warga negara termasuk pegawai DJP. Setelah mengikuti vaksinasi, setiap pegawai diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Selanjutnya Dr. Arridel Mindra juga membagikan testimoninya mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pada saat launching vaksinasi Covid-19 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua yang juga dihadiri  perwakilan instansi vertikal lainnya di Provinsi Papua pada tanggal 9 Maret 2021. Menurutnya, setelah  mengikuti vaksinasi Covid-19 tersebut tidak terdapat reaksi efek samping yang berarti. Oleh karena itu tidak ada yang perlu dikhawatirkan apabila mengikuti vaksinasi Covid-19. 

Turut hadir dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk pegawai DJP di Kota Jayapura ini dr. Aaron Rumainum, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Dr. Aaron Rumainum  meminta agar peserta vaksinasi Covid-19 tidak takut mengikuti vaksinasi. Hal ini karena vaksin Covid-19 yang diberikan aman dan halal.  

“Kita tidak perlu takut dengan vaksinasi covid-19 karena vaksin ini adalah virus Covid-19 yang sudah mati. Yang perlu kita takutkan seharusnya virus yang masih hidup yang ditularkan oleh penderita Covid-19, karena dapat berkembang biak dan sudah terbukti dapat menyebabkan kematian,” jelasnya kepada pegawai DJP yang mengikuti vaksinasi. 

Vaksinasi tahap pertama ini diikuti oleh pegawai Kantor Wilayah DJP Papua dan Maluku serta Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jayapura baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN). 

Kegiatan vaksinasi dibagi menjadi 3 gelombang untuk menghindari terjadinya kerumunan. Gelombang pertama dilaksanakan pukul 09.30 WIT untuk pejabat struktural dan pejabat fungsional. Kemudian gelombang kedua dilaksanakan mulai pukul 10.30 WIT untuk pegawai perempuan. Selanjutnya gelombang ketiga dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIT untuk pegawai laki-laki dan PPNPN serta pegawai yang belum hadir di gelombang sebelumnya. 

Terdapat empat tahapan yang dilalui para pegawai dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 ini. Pertama, dilakukan pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh. Kedua, registrasi dan verifikasi data. Yang ketiga, pemeriksaan riwayat penyakit kronis. Dan selanjutnya pegawai diberikan suntikan vaksin Covid-19.

Setelah divaksin, para pegawai masih harus melalui tahap observasi selama 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping pasca penyuntikan vaksin Covid-19. Dinas Kesehatan Provinsi Papua sudah menyediakan 2 mobil ambulans untuk mengantisipasi apabila nantinya ada pegawai yang mengalami efek samping pasca vaksinasi dan harus dirawat lebih lanjut di rumah sakit. 

Dalam kegiatan vaksinasi ini sebanyak 190 pegawai yang hadir dan 15 pegawai berhalangan hadir. Dari seluruh pegawai yang hadir untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, sebanyak 174 pegawai berhasil divaksin, sedangkan 16 pegawai tidak lolos screening. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, di antaranya tekanan darah diatas ambang yang diperbolehkan untuk vaksinasi, adanya riwayat sebagai penyintas Covid-19 atau memiliki riwayat penyakit kronis yang pernah atau sedang diderita. 

Bagi pegawai yang telah berhasil divaksin pada tahap pertama, vaksinasi tahap kedua akan dilakukan setelah  28 hari dari vaksinasi tahap pertama. Kemudian bagi pegawai yang tidak lolos screening pada vaksinasi Covid- 19 di tahap pertama dan pegawai yang berhalangan hadir, vaksinasinya menunggu jadwal lebih lanjut dari Dinas.(Humasdjppamalu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel