-->

Herry Ario Naap dan Luhut Pandjaitan Bahas Program Maritim dan Investasi di Biak Numfor

Herry Ario Naap dan Luhut Pandjaitan Bahas Program Maritim dan Investasi di Biak Numfor.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Audensi Bupati Biak Numfor, Papua, Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd disejumlah kementerian dan lembaga Negara terkait di Jakarta berlanjut hingga dengan Senin (22/3/2021).

Kali ini adalah giliran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang menerima kunjungan Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap. Bupati dalam pertemuan di ruang kerja Menko Luhut didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor Milka Rumaropen dan beberapa orang lainnya.

Pertemuan kurang lebih  1 jam itu berlangsung dalam suasana santai dan hangat, lebih banyak membahas pengembangan wilayah Kabupaten Biak Numfor, khususnya terkait sektor maritim dan investasi sebagai upaya percepatan pembangunan di daerah.

“Melakukan perubahan besar terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Biak Numfor membutuhkan investasi, membutuhkan kolaborasi program dan dukungan dari pemerintah pusat dan pihak terkait. Jadi untuk mengandalkan APBD setiap tahun itu tentu tidak bisa,” demikian ditegaskan Bupati Herry Naap setelah pertemuan.

Banyak hal yang didiskusikan dan akan disuport sebagai mana pertemuan dengan orang dekat dengan Presiden Jokowi tersebut. Diantaranya, pengembangan Industri Perikanan di Biak, Optimalisasi Bandara Frans Kaisiepo sebagai Hub Cargo Internasional, Penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih, Pembangunan Bandara Antariksa, Pengembangan Destinasi Prioritas Biak-Teluk Cenderawasih,  Percepatan Infrastruktur Penunjang di Kawasan Strategis Nasional yg menempatkan Biak sebagai lokasi prioritas.

Selain itu juga disampaikan tentang peningkatan Kualitas Tenaga Kependidikan dan Siswa Berkualitas standar Nasional lewat skema afirmasi dengan kerja sama dengan Prof. Surya, dan dukungan penyiapan pendidikan vokasi lewat peningkatan Status LLK menjadi BLK serta sejumlah lainnya.

“Pada dasarnya Pak Luhut akan menfasilitasi dan mendorong sejumlah program, intinya kita akan diberikan kemudahan dan akan dibantu. Ya, saya berharap dukungan dan doa masyarakat Kabupaten Biak Numfor supaya apa yang direncanakan itu benar-benar terwujud, kita tidak bisa berdiam diri namun harus bergerak, nah salah satunya sepeti yang dilakukan saat ini,” pungkasnya Bupati.

Dalam pertemuan itu, Menko Luhut mendukung penuh Kabupaten Biak Numfor untuk menjadi sentra pangan dengan ikan sebagai komoditas utama. Hadirnya Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) diharapkan dapat menjadi pemicu kemajuan perekonomian di daerah Biak Numfor, mengingat besarnya potensi perikanan di wilayah tersebut.

Terkait dengan SKPT Biak Numfor, Menko Luhut telah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) untuk menyiapkan segala infrastruktur pendukung seperti kargo bandara dan pelabuhan. Hal itu dilakukan dengan harapan nantinya ekspor produk perikanan dari SKPT Biak dapat langsung dikirim ke Hawaii, Jepang, Hongkong yang jaraknya tidak jauh dari sana atau sejumlah daerah tujuan lainnya.

“Biak Numfor ini potensinya besar dan posisinya sangat strategis, jadi nanti fasilitas pendukung untuk memungkinkan ekspor langsung seperti kargo itu akan segera kita siapkan. Sehingga ke depan ekspor ikan segar bisa langsung dikirim ke Hawaii, Jepang, atau Hongkong,” kata Menko Luhut, di Kantor Maritim, (seperti yang kami kuti dari halaman Menko Maritim dan Invetasi Senin 22/03/2021).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Herry menyampaikan kepada Menko Luhut bahwa dibutuhkan dukungan dari kehadiran investor di bidang perikanan untuk mendorong dan mempercepat pembangunan .

Bupati Herry juga menyampaikan bahwa ia bersama segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Biak Numfor termasuk Ketua DPRD Milka Rumaropen siap menyambut segala bentuk investasi yang akan masuk ke wilayah Biak Numfor.  

“Saya sampaikan, Pak Menko, ini juga ada ketua DPRD, kami siap untuk menerima dan menyetujui kehadiran investasi di Biak. Kami menyadari bahwa untuk melakukan pembangunan dengan cepat membutuhan inverasi dan itu kami siap ,” tegas Herry dalam pertemuan tersebut.(humasbiaknumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel