-->

BLK Ternate Gelar Pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik di Balbar

BLK Ternate Gelar Pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik di Balbar.lelemuku.com.jpg

TIDORE, LELEMUKU.COM- Balai Latihan Kerja (BLK) Ternate bekerjasama dengan Fatayat Nahdlatul 'Ulama Maluku Utara (Malut), dan Pemerintah Desa Balbar menggelar pelatihan berbasis kompetensi bidang keahlian pembudidayaan sayuran hidroponik di gedung Balai Latihan Kerja, Desa Balbar, Kota Tidore Kepulauan, Senin (1/3/2021).

Sebanyak 16 peserta yang ikut pelatihan ini, mayoritas dari mereka adalah generasi milenial. BLK menghadirkan trainer profesional yang telah mendapatkan sertifikat sebagai seorang trainer dari BNSP, yaitu Anwar Rizal.

Kapala Desa Balbar, Amir Abdullah menyampaikan pelatihan ini dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor pertanian hidroponik, agar dapat memanfaatkan lahan tidur dan halaman rumah.

Di samping itu, kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan SDA dan peningkatan ekonomi masyarakat dalam upaya Desa tangguh melawan Covid-19.

"ini juga sebagai sarana membentuk tenaga kerja yang profesional di bidang pertanian," kata Amir.

Amir menyampaikan apresiasi kepada BLK Ternate yang selalu memberikan pelatihan untuk warganya. Tak hanya di sektor pertanian, BLK juga sudah memberikan pelatihan untuk UMKM.

Rusni Ibrahim, mewakili Ketua Fatayat Nahdlatul 'Ulama Malut, menyampaikan bahwa program ini merupakan kerjasama antara Fatayat dan BLK. Bahkan pihaknya sedang menjajaki kerjasama yang lebih kompleks dengan BLK Ternate.

"Fatayat NU dan BLK akan melakukan MoU dengan BLK yang akan disaksikan oleh Menteri Tenaga Kerja RI," ujar Rusni

Sementara, Jemi Chan, mewakili Kepala BLK Ternate, dalam sambutannya memaparkan, kegiatan pelatihan dilakukan juga di Desa Todapa, Kecamatan Oba, dan Kota Ternate, dengan bidang keahlian yang berbeda.

Untuk itu, dia berharap para peserta dapat mengikuti transfer knowledge dari training profesional dengan seksama. "sehingga mampu memahami proses pembuatan instalasi hingga mengerti cara memberikan nutrisi tanaman hidroponik,"harap Jemi sembari membuka pelatihan tersebut. (DiskominfoTidore)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel