-->

Jalin Silatuhrami, Budhi Achmadi Kunjungi Tokoh Pepera Ramses Ohee


SENTANI, LELEMUKU.COM – Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Budhi Achmadi mengunjungi Ketua Barisan Merah Putih Papua, Tokoh Pepera, dan Ondofolo di Distrik Waena, Ramses Ohee pada Sabtu, 30 Januari 2021.

 Ayah Ramses Ohee, Poreu Ohee merupakan Kepala Desa (Kades) Sentani pada tahun 1927 atas penunjukan Sultan Tidore. Hal ini sebagai bukti bahwa Papua sudah menjadi bagian dari Kerajaan di Nusantara (Tidore) pada masa sebelum kemerdekaan.

Ramses kecil sering mendengar bagaimana ayahnya mengaku ikut hadir dalam Sumpah Pemuda di Jakarta pada 1928 mewakili pemuda-pemuda Papua. Sayangnya era tersebut masih belum ada teknologi kamera untuk mengabadikan momen dengan mudah seperti sekarang.

Sehingga cerita bahwa ada pemuda Papua bernama Poreu Ohee ikut  Sumpah Pemuda hanya menjadi cerita turun temurun dalam keluarga Ohee di Sentani.

Kunjungan tersebut sangat bermakna bagi Danlaud Budhi Achmadi untuk mendengar cerita tentang Papua di era pra kemerdekaan RI (beliau lahir tahun 1931). Momet tersebut pun memberikan perhatian dan rasa hormat kepada sesepuh yang telah ikut merawat NKRI di Papua. (LanudSilasPapare)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel