-->

Abdul Gani Kasuba Buka Launching HUT Alkhairaat dan Temu Akbar di Ternate


TERNATE, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba Lc, membuka secara resmi acara Lounching Hari Ulang Tahun (HUT) Alkhairaat ke 91 dan temu akbar Abnaulkhairat 2021, Kamis (31/01) di Dhuafa Center Kota Ternate.

Dalam sambutannya Gubernur yang juga selaku alumni Alkhairaat Palu Sulawesi Tengah ini mengisahkan, kurang lebih 1 (satu) tahun dirinya hidup dalam bimbingan Sayyid Habib Idrus bin Salim Al-Jufri. Betapa banyak pelajaran berharga yang saya dapat dari beliau. Terutama tentang cinta dan kasih sayang terhadap anak-anak didikannya.

"Saya merasakan benar bagaimana cara didikan yang penuh dengan kasih sayang dari seorang Guru Tua ulama besar. Beliau tidak pernah marah, selalu ramah terhadap semua orang meskipun berbeda Agama dan keyakinan," tutur Gubernur dengan nada penuh haru.

Gubernur mengungkapkan, banyak anak murid yang (mohon maaf 'nakal' termasuk dari Ternate dan Manado), tetapi oleh beliau Habib tidak pernah marah. Beliau menasehati, mendidik anak-anak dengan penuh rasa sabar, dan sampai saat ini Alhamdulillah banyak anak didikan sang guru tua menjadi orang sukses.

"Bahkan beliau berpesan, ketika seorang guru marah terhadap muridnya, maka disitulah letak kehabisan ilmunya," katanya.

Gubernur melanjutkan, meski saya akan bertemu dengan banyak ulama besar di dunia, tetapi mungkin tidak seperti Habib Idrus. Kepribadian beliau yang sederhana, kasih sayang dan cinta serta tidak pernah memandang status sosial (kaya, miskin, guru atau anak didik) semuanya sama di mata Habib.

Selain itu perhatian yang luar biasa diberikan oleh Guru Tua  terhadap lembaga pendidikan yang didirikannya, menjadi spirit tersendiri bagi orang yang bergabung di lembaga pendidikan ini, baik kapasitasnya sebagai pendidik maupun murid-muridnya, sehingga tidak mengherankan kemudian lembaga pendidikan ini semakin berkembang dan menyebar keberbagai pelosok tanah air.

"Dalam kesempatan yang baik ini, selaku Pemerintah Maluku Utara saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang istimewa untuk Yayasan Alkhairaat, yang usianya telah mencapai 91 tahun ini, banyak memberikan kontribusi yang luar biasa untuk kemajuan dunia pendidikan Islam di Indonesia Timur, khususnya Maluku Utara. Semoga tetap menjaga konsistensinya, dalam mencetak dan membangun generasi muda yang berilmu, beriman dan berakhlak serta berguna bagi agama, bangsa dan negara," pintahnya.

Sementara itu, mewakili ketua Komwil Alkhairaat Hasby Yusup, dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap seluruh pengurus panitia yang telah mensukseskan kegiatan temu akbar ini.

"Kita semua berharap ini menjadi momentum kebangkitan Alkhairaat. Dan ini juga menjadi masukan dan amanah bagi Komwil untuk menyusun program organisasi Alkhairaat dimasa mendatang," katanya.

Komwil menurut Bices sapaan akrab Hasby Yusup, tentunya akan fokus pada beberapa hal misalnya, menghidupkan (mengaktifkan) kembali dunia Alkhairaat seperti sedikala,
menjaga kesejahteraan guru agar terus meningkat dan akan melakukan penataan berbagai aset Alhkairaat yang ada di Maluku Utara.

Terkait dengan kegiatan tersebut, menurut laporan ketua Panitia Fahria, bahwa terdapat beberapa agenda yang akan dilakukan sebut saja, Launching HUT Alkairaat ke 91, temu akbar abnaulkhairaat 2021, launching website, study tour di 10 Kabupaten/Kota di Maluku Utara, peringatan Milad Guru Tua, Haul Guru Tua serta pengukuhan pengurus.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Gubernur Malut, Danrem 152 Baabullah, Wakil Ketua DPRD, Sekprov, Ketua MUI Malut, Kepala Kanwil Depag Malut, Ketua WIA Malut, sesepuh Alkhairaat, sejumlah pimpinan OPD Malaut dan Kota Ternate serta para guru, murid dan alumni Alhkairaat. (HumasMalut)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel