-->

Whatsapp Janji Tak Simpan Data Scan Sidik Jari dan Muka Saat Login ke Aplikasi Web

Whatsapp Janji Tak Simpan Data Scan Sidik Jari dan Muka Saat Login ke Aplikasi Web.lelemuku.com.jpg

WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Aplikai pesan ponsel cerdas, WhatsApp menghadirkan fitur keamanan baru untuk penggunaan WhatsApp Web.

Whatsapp bakal wajibkan pengguna untuk memindai sidik jari dan muka untuk login (masuk) dan melakukan sinkronisasi chat ke Whatsapp Web.

Nantinya, pengguna mesti melakukan pemindaian sidik jari dan wajah dan dilanjutkan dengan memindai kode QR agar bisa masuk dan sinkronisasi chat ke Whatsapp Web.

Hal ini berlaku untuk ponsel Android dan iOS.

"Ketika pengguna ingin menyinkronkan akun mereka dengan WhatsApp Web atau desktop, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi biometrik di smartphone mereka sebelum diminta memindai kode QR," tulis whatsapp dalam keterangan resmi pada Kamis (28/1/2021).

Diungkapkan WhatsApp, aplikasi pesan instan ini memang pertama kali diciptakan untuk penggunaan ponsel.

Namun seiring perkembangannya, ada ratusan juta pengguna di dunia yang juga memakai WhatsApp di komputer mereka baik melalui aplikasi desktop maupun WhatsApp Web.

Menurut Whatsapp, hal ini dilakukan sebagai tambahan lapisan keamanan untuk mengurangi kemungkinan penyalahgunaan Whatsapp oleh pihak ketiga.

Cara ini juga dinilai mempersulit pihak ketiga untuk mengintip pesan Whatsapp di desktop tanpa sepengetahuan pengguna.

Sebelumnya, Whatsapp sudah menambahkan keamanan Whatsapp Web dengan mewajibkan pengguna memindai kode QR terlebih dulu agar bisa melakukan sinkronisasi lewat peramban.

Fitur keamanan selanjutnya adalah dengan memunculkan notifikasi ketika terjadi login di WhatsApp Web/desktop.

Pengguna Whatsapp juga bisa mengatur agar bisa mengamati akun Whatsapp mereka masuk (login) di perangkat apa saja dan bisa mengatur agar keluar (logout) dari perangkat tertentu.

Menurut Whatsapp, mereka tak bisa mengakses informasi biometrik yang tersimpan di sistem operasi ponsel pengguna.

"Whatsapp tidak akan melihat data dari wajah atau sidik jari anda. itu hanya untuk (kepentingan login) chat saja," lanjut mereka.

Selain meluncurkan pembaruan keamanan, Whatsapp juga akan membuat tampilan Whatsapp Web baru. Pembaruan ini akan tersedia di ponsel pengguna yang kompatibel dalam beberapa pekan mendatang. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel