-->

Boris Johnson Ungkap Virus Corona Covid-19 Baru di Inggris Lebih Menular dan Mematikan

Boris Johnson Ungkap Virus Corona Covid-19 Baru di Inggris Lebih Menular dan Mematikan.lelemuku.com.jpg

LONDON, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membuat pengumuman yang meresahkan pada hari Jumat, 22 Januari 2021, tentang B 1.1.7, varian dari virus corona Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Inggris musim gugur lalu yang menyebar luas di negara itu dan di tempat lain.

Menurut data yang baru dianalisis oleh para ilmuwan Inggris, sebagaimana dikutip Gizmodo, 23 Januari 2021, B 1.1.7 tidak hanya lebih mudah menular daripada galur sebelumnya, tetapi juga lebih mungkin menyebabkan kematian. Meskipun kesimpulan ini masih permulaan, namun tampaknya perlu diperhatikan secara serius.

Pengumuman tersebut didasarkan pada data yang dinilai oleh New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group Inggris, atau NERVTAG, sebuah kelompok ilmuwan independen yang telah membantu membentuk respons pandemi negara.

Desember lalu, penelitian mereka tentang B 1.1.7 memperkuat konsensus bahwa varian itu lebih dapat ditularkan daripada strain yang beredar sebelumnya. Awalnya, analisis mereka tidak menemukan bukti bahwa B 1.1.7 menyebabkan penyakit atau kematian yang lebih parah pada populasi dibandingkan sebelumnya. Tapi hal itu bukan lagi permasalahannya.

Menurut makalah baru mereka yang dirilis Jumat, sekarang ada beberapa analisis independen dari data kasus yang dikumpulkan dalam beberapa pekan terakhir yang menunjukkan tren yang sama — peningkatan pada orang yang meninggal akibat B 1.1.7 dibandingkan dengan orang yang terinfeksi jenis virus lainnya.

Meskipun jumlah pastinya berbeda antara kelompok, mereka menyarankan bahwa B 1.1.7 sekitar 30 persen lebih mungkin menyebabkan kematian daripada jenis sebelumnya. Perhatikan bahwa, meskipun peningkatan 30 persen terdengar sangat besar, tingkat kematian keseluruhan masih sekitar 1 persen.

“Ini tentu saja cukup memprihatinkan, mengingat kecepatan di mana varian ini telah menyalip strain yang beredar di berbagai wilayah dan ketidakmampuan kami untuk mengontrol transmisi umum di banyak bagian dunia,” ujar Jason Kindrachuk, ahli virus di Universitas Manitoba di Kanada yang tidak terlibat dalam penelitian baru, kepada Gizmodo melalui email.

Seperti yang ditekankan oleh penulis makalah baru itu, ada batasan pada temuan mereka. Data yang digunakan para ilmuwan Inggris untuk mempelajari virus corona itu hanya mencakup sebagian kecil dari total kasus dan kematian di negara itu pada hari tertentu.

Beberapa sumber data, seperti hasil dari pasien yang dirawat di rumah sakit, juga membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikumpulkan daripada yang lain. Ini mungkin menjelaskan mengapa data rawat inap secara khusus tampaknya tidak menunjukkan bahwa B.1.1.7 lebih mematikan — datanya mungkin belum cukup mutakhir untuk menemukan pola tersebut. Mungkin juga B.1.1.7 menempatkan lebih banyak orang di rumah sakit tetapi tidak selalu mengubah peluang pasien yang dirawat di rumah sakit untuk bertahan hidup.

Namun, satu faktor yang mungkin secara tidak langsung dapat menjelaskan mengapa B.1.1.7 tampak lebih mematikan — rumah sakit kewalahan dengan lebih banyak kasus yang disebabkan oleh varian yang lebih menular — tampaknya tidak memainkan peran utama.

Satu analisis, oleh The London School of Hygiene & Tropical Medicine, memperhitungkan "kovariat tekanan rumah sakit" seperti jumlah tempat tidur rumah sakit yang tersedia untuk pasien yang menggunakan ventilator tetapi tidak menemukan perubahan substansial dalam kesimpulan mereka. Peningkatan angka kematian juga konsisten di berbagai kelompok usia, yang selanjutnya menunjukkan risiko kematian yang lebih tinggi hanya dari B.1.1.7.

Beberapa negara kini mengkhawatirkan munculnya B.1.1.7 dan varian serupa lainnya. Jika B.1.1.7 berada di luar Inggris, seperti yang telah diperingatkan oleh beberapa ahli, hal itu pasti akan mengancam penurunan kasus dan rawat inap yang terlihat baru-baru ini di beberapa negara.

"Pikiran langsung saya, tentu saja, mengarah pada korban penyakit ini pada penghuni fasilitas perawatan jangka panjang kami di Kanada dan apa arti varian ini untuk situasi yang sudah genting," kata Kindrachuk. Kanada, seperti AS, baru saja mengalami penurunan kasus dan rawat inap. Tetapi wabah varian yang mirip dengan B 1.1.7 telah ditemukan di panti jompo setempat.

Lebih banyak pekerjaan harus dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan virus corona baru ini. Namun, apa pun kesimpulannya, tetap sangat penting untuk melakukan apa yang kita bisa lakukan untuk mengurangi penyebaran pandemi secepat mungkin — termasuk memakai masker, menghindari bersosialisasi di dalam ruangan bila memungkinkan, dan mendapatkan vaksinasi Covid-19 saat Anda memenuhi syarat. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel