-->

Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang

Vaksin COVID-19 untuk Indonesia Tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Vaksin COVID-19 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Provinsi Banten pada Minggu 6 Desember 2020 pukul 21.00 WIT.

Vaksin tersebut datang dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER.

Meski demikian belum diketahui jenis vaksin yang didatangkan oleh Indonesia pertama kali.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan memberikan pernyataan terkait vaksin tersebut.


Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 akan segera datang. Saat itu Jokowi memperkirakan kedatangan pada akhir November atau awal Desember.

Meski begitu vaksin tak dapat langsung digunakan untuk program vaksinasi. Diperlukan sejumlah tahapan untuk mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penetapan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/9860/2020. 

Jenis vaksin yang ditetapkan adalah vaksin produksi PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd.

Penggunaan vaksin tersebut diperbolehkan setelah mendapatkan persetujuan dari BPOM. Pengadaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi program yang dibayar pemerintah dilakukan oleh Menteri Kesehatan sedangkan pengadaan vaksin untuk vaksinasi mandiri dilakukan oleh Menteri BUMN. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel